Cara Menghapus BI Checking dengan Mudah Jika Terkena Blacklist!

Pacific garden suites alam sutera – Pernahkah kamu ditolak saat mengajukan kredit ke bank dengan alasan tidak lolos BI Checking? Mungkin kamu bakal kesal sekaligus bingung. Apa sih sebenarnya BI Checking itu dan bagaimana cara menghapus BI Checking kita yang sudah terlanjur masuk blacklist? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian BI Checking

BI Checking merupakan istilah lain untuk Informasi Debitur Individual (IDI) Historis. Di dalam IDI tercatat informasi dan riwayat kredit seorang nasabah. IDI dimiliki dan disimpan oleh Bank Indonesia di dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.

Performa kredit kamu akan diberikan skor dari skala 1 hingga 5:

  • Skala 1 = kualitas kredit baik (lancar)
  • Skala 2 = Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK), yaitu kredit yang mutasinya tidak lancar selama 1-2 bulan.
  • Skala 3 = Kredit Tidak Lancar, yaitu kredit yang mutasinya tidak lancar selama 3-6 bulan.
  • Skala 4 = Kredit Diragukan, yaitu kredit tidak lancar yang sudah jatuh tempo tapi belum juga diselesaikan oleh debiturnya.
  • Skala 5 = Kredit Macet, yaitu usaha pengaktivan kembali kredit tidak lancar namun tetap gagal.

 

Cara Mengecek Status BI Checking

Kamu bisa mengecek status BI Checking kamu dengan beberapa cara. Misalnya, kamu bisa mengajukan lewat bank tempat kamu mengajukan kredit atau menggunakan jasa pihak ketiga. Namun, cara yang paling sederhana tentunya dengan melakukannya sendiri donk. Ikuti langkah berikut untuk melakukannya.

  1. Buka situs Bank Indonesia, lalu pilih bagian Moneter dan klik Permintaan IDI Historis

 

  1. Scroll ke bagian bawah dan klik ‘formulir’.

 

  1. Isi formulir permintaan IDI Historis dengan lengkap dan jujur.

 

  1. Pilih ‘Kirim Form’ setelah memastikan seluruh data diisi dengan lengkap dan benar

 

  1. Kamu tinggal menunggu konfirmasi dari Bank Indonesia di email kamu. Lama pengiriman bervariasi antara empat hari hingga seminggu. Konfirmasi ini akan menjadi dasar untuk pengajuan penghapusan status blacklist kamu.

 

Cara Menghapus BI Checking Jika Kena Blacklist

 

Sebelumnya, kamu perlu melunasi tunggakan kredit yang pernah kamu miliki dulu. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, maka pemulihan blacklist kamu akan terjadi dengan sendirinya setelah 24 bulan.

Kalau kamu ingin menghapusnya dengan lebih cepat, bawalah bukti pelunasan kredit kamu dan cetak surat balasan dari BI untuk status IDI kamu. Bagi kamu yang berada di Jakarta, kamu bisa mendatangi langsung Gerai Info Bank Indonesia di Gedung B, Lobi Menara Sjafurddin Prawiranegara. Bagi yang di luar Jakarta, kamu bisa coba mengunjungi kantor Bank Indonesia setempat. Kenakan pakaian yang rapih dan bawa kartu identitas yang asli.

Untuk Gerai Info Bank Indonesia, pengurusan dilayani setiap hari kerja mulai Pkl 08.30 – Pkl 15.00 WIB. Ada jeda istirahat di antara Pkl 11.00 – Pkl 13.00 WIB. Aturlah jadwal waktu kedatangan kamu agar tidak menunggu terlalu lama, dan semoga penghapusan status blacklist kamu berjalan dengan lancar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s