Penjelasan Agus Martowardojo soal Tak Hadir dalam Sidang Kasus e-KTP

Go ahead people – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dijadwalkan menjadi saksi dalam sidang kasus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) pada hari ini, Kamis (16/3/2017).

Mengapa kemudian Agus Martowardojo berhalangan hadir?

Direktur Departemen Komunikasi BI Andiwiana menjelaskan, Agus Martowardojo telah mengajukan permohonan penjadwalan ulang pemberian kesaksian pada tanggal 30 Maret 2017 mendatang.

Pasalnya, pada hari ini Agus Martowardojo harus memimpin Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Sesuai dengan amanat Undang-undang Bank Indonesia Nomor 23 tahun 1999, RDG BI dipimpin oleh Gubernur BI.

Pelaksanaan RDG dalam UU dimaksud adalah salah satu bentuk akuntabilitas BI kepada masyarakat dalam mengelola stabilitas moneter.

Lebih lanjut diatur bahwa rapat sudah dijadwalkan dan diumumkan waktu pelaksanaannya di setiap awal tahun untuk memberikan kepastian pengambilan keputusan.

“Untuk bulan Maret, rapat dimaksud terjadwal dilaksanakan dan keputusan diumumkan pada hari ini,” ujar Andiwiana dalam pernyataan resminya, Kamis.

Di samping itu, imbuh Andiwiana, Agus Martowardojo telah pula berkomitmen dan menjadwlakan untuk hadir mewakili Indonesia dalam rapat “G20 ministry of Finance and Central Bank Governor.”

Acara itu digelar pada tanggal 17 hingga 19 Maret 2017 di Jerman.

“Untuk itu beliau akan melakukan perjalanan ke rapat tersebut nanti malam. Menurut rencana, dari Jerman beliau akan melanjutkan tugas untuk rapat bersama Bank for Internasional Settlement di Swiss pada tanggal 20 dan 21 Maret 2017,” jelas Andiwiana.(Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s