Tanpa Disadari 7 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Sering Salah Digunakan. Cek Deh, Apakah Kamu Pernah Melakukannya Juga?

Go ahead challenge – Sebelum diajarkan di bangku sekolah, bahasa sudah kita pelajari sejak kita mulai belajar berbicara. Orang tua dan lingkungan sekitar menjadi salah satu penentu kemampuan kita dalam berbahasa. Tanpa sadar, kita pun mempelajari banyak kosa kata dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Saat berinteraksi dengan teman atau guru di sekolah, kita telah terbiasa dengan kata-kata yang kita ucapkan.

Kebiasaan inilah yang sering kali membuat kita tanpa sadar ‘mempertahankan’ penggunaan kata-kata yang sebetulnya salah kaprah. Nah, Sahabat Trivia, coba cek deh apakah kamu pun pernah menggunakan kata-kata di bawah ini dengan makna yang kurang tepat?

1. Absen

photo credit: Swivl

“Aku belum absen nih”

Ucapan ini sering terdengar dari para siswa yang hobi datang mepet atau bahkan telat ke kelas. Mungkin maksudnya, belum mengisi daftar kehadiran. Tapi, penggunaan absen menjadi kurang tepat, karena absen sendiri berarti tidak hadir/tidak masuk.

2. Jam 

photo credit: BeritaPetang

“Kita kumpul jam 9 pagi yah, jangan telat!” Nah loh, apa yang salah dari kalimat tersebut? Jika kamu masih sering mendengar atau justru mengucapkan kalimat sejenis, coba dikoreksi kembali. Jam adalah kata yang digunakan mengacu lamanya waktu yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan. Sementara kata yang menunjukan waktu lebih tepat menggunakan kata ‘pukul’. Sehingga yang benar adalah: “Kita kumpul pukul 9 pagi yah, acaranya hanya 2 jam kok.”

3. Emosi

photo credit: ForeMost Wome

“Kok lo jadi emosi sih.”

Sedetik kemudian, terjadi pertengkaran. Penggunaan kata emosi masih sering kita dengar dan gunakan, bener nggak? Tapi, ternyata kita sering salah menggunakannya loh. Jika kamu melihat temanmu yang sedang diliputi amarah, lalu memberi dia predikat ’emosian’, nah, ini keliru. Emosi tidak hanya urusan marah/amarah. Menurut KBBI, setiap keadaan dan situasi psikologis maupun fisiologis, baik itu gembira, sedih, bahkan cinta dapat digolongkan sebagai emosi. Jadi, kalau ada temanmu yang sedang senyum-senyum sendiri karena kasmaran, kamu bisa menyebutnya sedang emosi.

4. Kosong

Siapa yang masih suka menyebutkan angka 0 (nol) sebagai kosong? Nol dan kosong adalah dua hal yang berbeda. Kosong tak bisa kamu gunakan untuk menyebutkan nomor telepon atau menggantikan angka 0. Kosong berarti tak berisi atau hampa. Jelas berbeda kan?

5. Nyinyir

photo credit: keywordsuggest.

“Kenapa sih dia nyinyir banget, kalau nggak suka kan bisa ngomong langsung.”

Nyinyir sering disalahartikan sebagai tindakan menyindir. Padahal menurut KBBI, nyinyir berarti mengulang-ulang perintah atau cerewet. Nah, mulai sekarang jangan sampai salah kaprah lagi yah.

6. Acuh

Hayo, siapa yang suka merasa sedih karena sering diacuhkan gebetan? Tahukah kamu Sahabat Trivia, saat diacuhkan gebetan, harusnya kamu merasa sangat senang, kenapa? Karena diacuhkan memiliki arti dipedulikan. Jadi saat gebetan atau pacarmu cuek, artinya mereka tak acuh yah.

7. Galau

photo credit: Fotolia

Masih suka galau ingat mantan? Memangnya mantan kenapa? Penggunaan kata galau sering digunakan untuk mewakili perasaan sedih atau bingung. Coba ingat-ingat, pernahkah kamu mengatakan “Duh, galau nih, mau yang warna merah atau hitam yah.” atau ucapan sejenisnya. Nah, kan jadi galau kan. Galau adalah keadaan sibuk beramai-ramai, atau pikiran yang kacau tidak karuan. Kalau bingung, bilang saja bingung, nggak perlu galau.

Nah, sekarang sudah tahu kan kata-kata yang sering salah kaprah kita ucapkan. Yuk, mulai sekarang gunakan kata-kata dengan tepat, agar tidak merusak tatanan bahasa Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s