Sering Susah Tidur Saat Mau Haid? Ini Penyebabnya

Paket data – Apakah Anda beberapa hari ini menjadi susah tidur di malam hari? Jika iya, coba lihat tanggalan Anda dan lihat apakah jadwal haid Anda sudah dekat atau tidak. Bisa jadi, Anda susah tidur akibat si tamu bulanan yang mau datang.

Tapi tenang, sebab bukan hanya Anda saja yang mengalami insomnia dan gangguan tidur ketika menjelang haid. Bahkan mungkin hampir semua wanita pernah mengalaminya, meskipun tidak setiap bulan terjadi. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan wanita susah tidur saat mendekati jadwal haidnya?

Penyebab susah tidur di hari-hari menjelang haid

Alasan utama mengapa Anda dan sebagian besar wanita mengalami insomnia saat mendekati jadwal haid adalah perubahan hormon reproduksi yang terjadi di dalam tubuh. Sebelum terjadinya haid, sebenarnya tubuh Anda telah mempersiapkan segala hal untuk terjadinya pembuahan, seperti mematangkan telur, mengeluarkan telur, hingga menebalkan rahim sebagai tempat tumbuhnya janin.

Semua hal tersebut dilakukan oleh hormon reproduksi, termasuk hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen dan progesteron berperan penting dalam pembentukan lapisan rahim, sehingga kedua jenis hormon ini akan cukup tinggi jumlahnya di dalam tubuh hingga sesaat sebelum haid – peluruhan rahim – terjadi.

Sementara, hormon-hormon tersebut bekerja bertolak belakang dengan hormon melatonin yang juga disebut sebagai hormon tidur. Akibat jumlah hormon estrogen dan progesteron yang sangat tinggi saat itu, hormon melatonin tidak dapat bekerja dengan baik untuk mengatur waktu tidur serta merangsang rasa kantuk datang. Jadi, tidak heran jika Anda sering mengalami susah tidur saat masa-masa menjelang haid.

Tidak hanya bikin susah tidur, PMS juga membuat wanita jarang bermimpi saat tidur

Selain cara kerja yang bertolak belakang dengan hormon tidur, hormon progesteron bertanggung jawab atas meningkatnya suhu tubuh Anda ketika itu. Suhu tubuh yang meningkat ternyata dapat mengganggu proses terjadinya mimpi di malam hari. Mimpi muncul setiap malam ketika Anda mengalami tahapan rapid eye movement (REM) dan terjadi pada saat suhu tubuh berada pada suhu yang paling rendah. Namun progesteron mengacaukan kondisi tersebut dengan meningkatkan suhu tubuh sehingga tahapan REM tidak terjadi.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi susah tidur menjelang haid?

Susah tidur di malam hari membuat Anda tidak fit dan segar keesokan harinya, padahal kegiatan Anda membutuhkan performa serta stamina yang kuat. Lalu apakah hal ini dapat dicegah?

  • Olahraga adalah kegiatan yang bisa menolong Anda apabila kondisi tersebut terjadi. Mengapa olahraga? Sebab, olahraga tak hanya baik untuk kesehatan Anda, tapi dapat juga merangsang hormon tidur yang membuat tidur Anda lebih nyenyak.
  • Hindari minum alkohol. Jika Anda menganggap minum alkohol bisa membuat Anda tertidur pulas, maka Anda salah. Justru alkohol dapat meningkatkan hormon progesteron yang bisa menghambat hormon tidur serta mencegah tahapan REM terjadi.
  • Mencatat waktu tidur Anda setiap hari. Penting bagi Anda untuk memiliki buku harian khusus tidur. Ya buku harian ini berfungsi untuk mencatat di waktu dan hari apa saja Anda mengalami susah tidur. Sehingga, Anda akan tahu pola dari gangguan tidur yang dialami.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s