Dianggap ikonik, Inilah 11 Jembatan Legendaris di Dunia

4g terbaik – Hampir seluruh kota di tiap negara memiliki landmark sebagai penanda atau ciri khas dari kota tersebut. Landmark yang berada di sebuah kota dapat berupa apa saja, misalnya gedung, jalanan, atau bahkan jembatan penghubung antar kota.

Beberapa negara memiliki landmark sebuah jembatan yang sangat indah nan menawan. Bangunan arsitekturnya yang megah dan artistik rata-rata dibangun sejak masa Romawi Kuno. Meskipun telah berpuluh-puluh abad dibangun, ternyata jembatan ini masih berdiri kokoh dan menjadi ciri khas dari kota tersebut.

Dilansir dari The Culture Trip, berikut 11 jembatan paling legendaris di seluruh dunia:

1. The Bridge of Sighs, Venice – Italy

Di Italia terdapat kurang lebih 400 jembatan yang tersebar di kota Venice, dan jembatan The Bridge of Sighs menjadi salah satu jembatan paling ikonik di sana. Awal mulanya, jembatan ini didesain oleh arsitektur asal Italia, Antonio Contino, pada tahun 1600 dengan nama asli Ponte dei Sospiri.

Arsitektur bangunannya sangat indah, eksterior yang romantis mendukung suasana romantis para pasangan yang melintasi jembatan ini menggunakan sampan kayu. Konon katanya, bagi pasangan yang berciuman dibawah jembatan The Bridge of Sighs, cinta mereka akan bertahan selamanya.

2. Si-o-se Pol, Isfahan – Iran

Juga dikenal dengan nama Allāhverdi Khan Bridge, Si-o-se Pol yang memiliki makna jembatan 33 lengkungan dibangun pada tahun 1602. Jembatan berasitektur menawan ini membentang sepanjang 300 meter dengan lebar 14 meter diatas sungai Zayandeh Rood di daerah Isfahan dan menghubungkan jalan utama Chahar Bagh dengan New Jolfa.

Si-o-se Pol dianggap sebagai salah satu contoh jembatan terbaik di dunia pada era dinasti Safavid. Jembatan ini menjadi salah satu yang paling mempesona dari 11 jembatan yang terdapat di Isfahan.

3. Charles Bridge, Prague – Republik Ceko

Charles Bridge merupakan jembatan tertua dan paling megah yang berada di Praha. Dibangun selama 45 tahun pada awal abad ke-15 yakni tahun 1357, saat ini jembatan Charles menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di ibukota Ceko.

Jembatan sepanjang 516 meter ini diapit oleh menara jembatan Gothic, menghubungkan kota tua Praha dan Mala Strana dengan melintasi sungai Vitava. Jembatan Charles  juga dihiasi 30 patung kudus yang diukir antara pada tahun 1683 dan 1928. Patung yang paling terkenal adalah St John Nepomuk yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi mereka yang berhasil menyentuhnya.

4. Brooklyn Bridge, New York – Amerika

Jembatan yang membentang di atas belahan timur sungai New York ini pertama kali didesain oleh insinyur keturunan Jerman-Amerika, John Roebling. Jembatan Brooklyn secara resmi dibuka pada Mei 1883 dan diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia pada saat itu.

Jembatan paling legendaris di kota New York itu memiliki fitur arsitektur yang sangat ikonik dan telah diakui dengan banyaknya penghargaan. Beberapa penghargaan yang didapat antara lain National Historic Landmark pada tahun 1964 dan National Historic Civil Engineering Landmark di tahun 1972.

5. Tower Bridge, London – Inggris

Mungkin inilah salah satu jembatan paling terkenal di dunia, Tower Bridge London. Dikenal memiliki arsitektur yang sangat artistik, jembatan ini juga terkenal unik karena bisa terbuka jika ada perahu yang melintas dan akan menutup kembali jika telah selesai melintas.

Dibangun antara tahun 1886 sampai 1894, jembatan ini sengaja dibangun sebagai sarana untuk meminimalisir kemacetan yang terjadi di London. Saat ini, jembatan Tower menjadi landmark ibukota Inggris, London, yang banyak menarik perhatian para turis ketika berkunjung ke sana.

6. Alcántara Bridge, Cáceres – Spanyol

Kembali ke abad kedua, Alcántara Bridge menjadi suatu prestasi spektakuler pada jaman Romawi Kuno. Dibangun atas perintah kaisar Trajan, jembatan berstruktur dengan total 6 lengkungan ini terbentang melintasi sungai Tagus dan khusus dibangun untuk menghubungkan pemukiman Cáceres dengan provinsi Beira Alta Portugal yang sangat bersejarah.

Jembatan ini telah mengalami kerusakan yang cukup besar pada tahun 1214 dan tahun 1760 yang mengakibatkan salah satu lengkungan jembatan hancur. Hebatnya, jembatan ini masih tetap berdiri kokoh hingga saat ini meskipun telah banyak mengalami perbaikan.

7. Chengyang Wind and Rain Bridge, Sanjiang, Guangxi – China

Terletak di bagian timur laut Guangxi Sanjiang Dong Autonomous County, Chengyang Wind and Rain Bridge telah berusia 100 tahun dan merupakan salah satu jembatan paling terkenal di China. Di tiap jarak 60 meter, dibangun sebuah paviliun bergaya pagoda yang terbuat dari kayu. Uniknya, bangunan paviliun yang dibangun diatas bebatuan itu tidak menggunakan paku sama sekali saat pembangunannya, hanya balok kayu yang disusun sedemikan rupa.

Pada salah satu ujung Chengyang Wind and Rain Bridge, pengunjung akan menemukan sebuah puisi yang diukir oleh penulis Cina, Guo Moruo. Dahulu, ia sangat terpesona oleh struktur bangunan jembatan ketika pertama kali melihatnya di pertengahan 1960-an.

8. Kapellbrücke, Lucerne – Swiss

Pada awal abad ke-14, Lucerne Kapellbrücke (Chapel Bridge) menjadi jembatan tertua di Eropa. Jembatan yang sepenuhnya dibangun dengan material kayu ini terbentang diatas sungai Reuss dengan panjang 170 meter. Alasan dibangunnya jembatan ini adalah sebagai bagian dari benteng Lucerne.

Sepanjang jembatan, dipenuhi oleh lukisan karya seniman Hans Heinrich Wägmann yang menggambarkan adegan dari sejarah Swiss saat itu. Namun, sayangnya pada tahun 1993, jembatan ini sempat mengalami kebakaran dan menghancurkan sebagian besar karya Wägmann dan juga menghancurkan jembatan Kapellbrücke itu sendiri. Perbaikan pun dilakukan guna mengembalikan bentuk asli dari jembatan indah ini.

9. Pont du Gard, Prancis

Jembatan dengan bangunan tiga tingkat ini menjadi salah satu jembatan yang paling legendaris di Prancis. Dibangun pada pertengahan abad kesatu, jembatan Pont du Gard terbentang diatas sungai Gardon. Terdiri dari 21 ribu meter kubik batu dengan berat lebih dari 50 ribu ton menjadi sebuah keajaiban tersendiri saat masa Romawi.

Awal mulanya, jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk saluran air. Kemudian pada tahun 1985 saluran air yang menakjubkan ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Sedangkan pada tahun 2004, Pont du Gard diakui sebagai salah satu kekayaan budaya paling berharga milik Prancis dengan nama resmi Grand Site de France.

10. Ponte Vecchio, Florence – Italy

Jembatan Ponte Vecchio yang terbentang diatas sungai Tuscany Arno adalah salah satu landmark Florence terbaik yang dikenal hingga saat ini. Terkenal dengan toko-toko yang berjejer diatas jembatan sejak awal pembangunannya.

Ponte Vecchio dibangun pada tahun 1345, dan awalnya hanya dihuni oleh tukang daging, penjual ikan dan penjual emas. Menariknya, Ponte Vecchio adalah satu-satunya jembatan Florence yang terhindar dari bom Jerman selama Perang Dunia II. Hal ini pun diketahui sebagai perintah pribadi Hitler sendiri.

11. Golden Gate Bridge, San Francisco – Amerika

Tampilannya yang megah, membuat jembatan Golden Gate yang berada di San Fransisco dikenal oleh hampir seluruh mata dunia. Pertama kali dirancang oleh insinyur Amerika, Joseph Baermann Strauss, dengan gaya Art Deco dan secara resmi dibuka pada tahun 1937 setelah memakan waktu tujuh tahun pembangunan.

Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Jembatan ini menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Banyak orang yang salah mengira warna dari jembatan ini menjadi merah, padahal warna aslinya adalah warna ‘international orange’.

Setelah melihat sederet jembatan terkenal di dunia, jembatan mana yang jadi favorit kamu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s