Para Miliarder Baru Dunia di Tahun 2017

Lagu online – Daftar orang terkaya di dunia pada 2017 versi Forbes memunculkan nama-nama miliarder baru. Lebih dari 60 persen miliarder baru dalam daftar itu berasal dari wilayah Asia atau Pasifik.

Salah satu di antara miliarder baru itu adalah Manny Stul. Kedua orang tua Stul adalah penyintas dari tragedi Holocaust. Mereka membawa Stul tinggal di kamp pengungsian di Australia ketika Stul masih bayi.

Stul adalah CEO dari sebuah perusahaan bernama Moose Stul. Ia mengambil alih perusahaan tersebut sejak tahun 2000. Dengan tangan dinginnya, perusahaan itu mengalami peningkatan keuntungan hingga 7000 persen atau 70 kali lipat.

Moose Stul adalah perusahaan yang menjual mainan di lebih dari 80 negara. Produk terkenalnya antara lain adalah koleksi mainan plastik bermerek Shopkins dan Mighty Beanzs.

Pada 2016 lalu, di usianya yang ke-67 tahun, Stul menjadi orang Australia pertama yang memenangkan Ernst and Young World Entrepeneur of the Year setelah sebelumnya memenangkan EY’s Australian Entrepeneur of the Year. Pada tahun 2017 ini ia masuk ke dalam daftar orang terkaya versi Forbes dengan nilai kekayaan sebesar 1,4 miliar dolar AS.

Manny Stul. (Foto: Instagram @ey_eoy)
Manny Stul. (Foto: Instagram @ey_eoy)

Selain Stul, kebanyakan miliarder baru berasal dari China. Salah satu dari 67 miliarder baru China itu adalah Lucy Peng. Ia merupakan salah satu pendiri Alibaba Group, sebuah perusahaan e-commerce raksasa dunia yang bebasis di China.

Peng diperkirakan memiliki 2 persen saham sebuah perusahaan jasa layanan keuangan, Ant Financial. Valuasi saham Ant Financial dilaporkan meningkat sebesar 60 miliar dolar AS pada tahun lalu. Forbes memperkirakan kekayaan Peng pada Maret 2017 adalah sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Selain Peng, 24 miliarder baru lainnya juga merupakan perempuan. Salah satu yang menonjol adalah Nguyen Thi Phuong Thao asal Vietnam. Kekayaan Nguyen Thi melonjak sejak maskapai penerbangan murahnya, VietJet Air, go public pada Februari 2017. Forbes memperkirakan kekayaan Nguyen Thi adalah sebesar 1,2 miliar dolar AS.

Miliarder baru lainnya adalah Yoshiko Shinohara. Ia menjadi miliarder setelah harga saham perusahaannya, Temp Holdings, melonjak 50 persen pada tahun lalu. Forbes menaksir nilai kekayaan Shinohara adalah sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Yoshiko Shinohara. (Foto: advance.org)
Yoshiko Shinohara. (Foto: advance.org)

Miliarder baru terkaya adalah tiga bersaudara asal Amerika Serikat, yakni Amy Goldman Fowler, Jane Goldman dan Diane Kemper. Mereka mewarisi saham Solid Management, sebuah perusahaan real estate di New York dari ayah mereka. Masing-masing dari mereka diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 3 miliar dolar AS.

Dari Irlandia, John (26) dan Patrick Collison (28) didaulat menjadi miliarder baru termuda. Mereka berdua mendirikan Stripe, sebuah perusahaan pemrosesan pembayaran. Masing-masing mereka ditaksir memiliki kekayaan senilai 1,1 miliar dolar AS.

Selain John dan Patrick, Kevin Systrom (33), selaku pendiri Instagram juga termasuk miliarder baru termuda. Forbes menaksir nilai kekayaan pemilik 40 persen saham Instagram itu adalah sebesar 1,2 miliar dolar AS.

Kevin Systrom. (Foto: Wikimedia Commons)
Kevin Systrom. (Foto: Wikimedia Commons)

Jika dirangkum, ada 195 miliarder baru di dunia pada tahun 2017 ini. Rata-rata nilai kekayaan para miliarder baru yang ada dalam daftar Forbes itu adalah sebesar 1,5 miliar dolar AS atau hampir setara dengan Rp 20 triliun.

Kira-kira apa yang akan kamu lakukan jika punya uang sebanyak itu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s