5 Wanita Cantik Pernah Jadi Nyi Iteung di Kisah Legendaris Si Kabayan

5 Wanita cantik pernah jadi Nyi Iteung di kisah legendaris Si Kabayan

Dengerin musik indonsia terbaru – Tahu dong sama si Kabayan? Tokoh yang satu ini merupakan tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang juga telah menjadi tokoh imajinatif masyarakat umum di Indonesia. Tokoh Kabayan ini dikenal karena polahnya yang dianggap lucu, polos, tetapi ia juga seorang yang punya banyak akal serta cerdas.

Nah, bernostalgia sebentar, cerita-cerita lucu mengenai Kabayan di masyarakat Sunda dituturkan turun temurun secara lisan sejak abad ke-19 sampai sekarang. Lama banget kan?

Seluruh cerita Kabayan juga menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda yang terus berkembang sesuai zaman. Saking kerennya, tokoh Kabayan juga dapat disepadankan dengan tokoh dari Arab, seperti Abunawas atau Nasrudin. Karena karakter sosoknya yang menarik, kisah Kabayan pun sampai diangkat ke layar lebar.

Dan, kalau di barat sana ada Romeo Juliet, pasangan Kabayan di film-filmnya tersebut adalah Nyi Iteung. Nggak tanggung-tanggung, lima aktris cantik nan berbakat ini pernah memerankan tokoh Nyi Iteung dalam kisah legendari si Kabayan. Penasaran siapa saja?

Intip yuk daftarnya berikut ini yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/3).

1. Lenny Marlina (Nyi Iteung dalam Si Kabayan)

Lenny Marlina pernah memerankan sosok Nyi Iteung dalam film Si Kabayan. Film yang diproduksi pada 1975 ini Si Kabayan-nya diperankan oleh Kang Ibing. Berbeda dengan tokoh “legenda” yang hidup di kalangan orang Sunda, Si Kabayan dalam film ini hanya diambil sisi kebodohannya yang diharapkan bisa jadi lucu.

Si Kabayan (Kang Ibing) melamar Iteung (Lenny Marlina). Meski semula ditolak, tapi akhirnya mereka menikah. Setelah menikah, sosok Kabayan menjadi sosok yang suka tidur dan pemalas, hingga Iteung pergi ke kota karena malu. Di sini muncul masalah penculikan dan pemerasan, yang melibatkan Iteung dan Kabayan yang mencarinya.

2. Paramitha Rusady (Nyi Iteung dalam Si Kabayan Saba Kota)

Di film Si Kabayan Saba Kota, Paramitha Rusady lah yang memerankan tokoh Nyi Iteung. Sementara itu, yang memerankan Kabayan adalah aktor kawakan Didi Petet yang sudah berpulang. Film tahun 1989 ini bercerita tentang Kabayan (Didi Petet) yang karena terpengaruh seorang teman, pergi ke kota.

Di kota, Saribanon (Nurul Arifin) yang ayahnya pernah dibantu Kabayan ketika dirampok, diam-diam menaruh hati. Hubungannya dengan Iteung (Paramitha Rusady), pacarnya di desa, sempat renggang tetapi akhirnya keduanya pun menikah.

3. Desy Ratnasari (Nyi Iteung dalam Si Kabayan Mencari Jodoh)

Desi Ratnasari tak ketinggalan pernah memerankan tokoh Nyi Iteung di film Si Kabayan Mencari Jodoh. Nah, yang memerankan si Kabayan di film ini juga adalah aktor kawakan Didi Petet. Film tahun 1994 ini berkisah tentang Kabayan (Didi Petet) yang menempuh jalan panjang untuk mendapatkan jodohnya, Nyi Iteung (Desi Ratnasari).

Ini terjadi karena Abah (Rachmat Hidayat) tidak setuju bermantukan pemuda kampung macam Kabayan. Terpaksalah kabayan pergi ke kota mengadu nasib. Dibantu sahabatnya, Joni Kemot (Sena A. Utoyo) dan juragannya, Nora Nori (Novi Gawatini), Kabayan sebagai orang kota pulang kampung untuk melamar Nyi Iteung. Film ini diakhiri dengan sadarnya Abah menerima Kabayan apa adanya.

4. Nike Ardilla (Nyi Iteung dalam Si Kabayan dan Anak Jin)

Penyanyi bersuara merdu Nike Ardilla pernah memerankan Nyi Iteung dalam film Si Kabayan dan Anak Jin. Aktor kawakan Didi Petet juga berperan sebagai Kabayan di film ini. Film tahun 1991 ini menceritakan tentang Si Kabayan (Didi Petet) yang menjadi santri di sebuah pesantren untuk bisa mendekati Nyi Iteung (Nike Ardilla), anak tunggal pimpinan atau Ajengan Pesantren.

Dalam usahanya ini ia dibantu anak jin yang semula mengganggunya, tapi lalu bersahabat bahkan bisa menampakkan diri yang diperankan oleh Sena A. Utoyo.

5. Rianti Cartwright (Nyi Iteung dalam Si Kabayan Jadi Milyuner)

Ini adalah film Kabayan di era modern. Jika dulu Kabayan identik dengan Kang Ibing dan Didi Petet, kali ini diperankan oleh Jamie Aditya mantan VJ MTV. Dan yang menjadi Nyi Iteung adalah Rianti Cartwright.

Film ini menceritakan tentang Kabayan yang jatuh hati dengan Iteung, sementara Iteung adalah sekretaris bos besar yang berakting agar Kabayan mau menyerahkan desanya untuk dibangun resort.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s