Apa Saja yang Dibicarakan Jokowi dengan Melinda Gates?

As perdana internet Presiden Joko Widodo bertemu langsung Melinda Gates, filantropis AS yang juga istri pendiri Microsoft, Bill Gates, di Ruang Pertemuan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (23/3). Pertemuan digelar di Halim karena Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bertolak ke Batam.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan ada banyak hal yang dibahas oleh Jokowi dengan Co-Chair and Trustee of the Bill and Melinda Gates Foundation, tersebut.

Menurut Darmin, selain membahas hasil kunjungan Melinda Gates ke Yogyakarta kemarin, pertemuan juga membicarakan mengenai masalah keuangan inklusif, pemberdayaan perempuan, dan pengentasan kemiskinan.

“Diskusinya panjang soal itu. Tidak ada konklusi, tapi masing-masing menyampaikan akan disampaikan juga di tingkat yang lebih tinggi sehingga lebih konkret,” kata Darmin di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Darmin mengatakan, selama di Yogyakarta, Melinda mengunjungi beberapa daerah dan meneliti mengenai demam berdarah. Melinda tertarik dengan program keluarga berencana yang masih berjalan baik di Indonesia.

Sementara Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga hadir dalam pertemuan itu, mengatakan masalah financial inclusion memang menjadi pembahasan karena Presiden Jokowi memiliki target agar 75 persen masyarakat Indonesia pada 2019 bisa memiliki akses ke perbankan.

Menurut Rini, Melinda Gates juga menyampaikan jika dia mendapatkan banyak pelajaran dari Indonesia dan bisa ditularkan ke negara lain, salah satunya mengenai keluarga berencana yang tidak hanya didukung oleh pemerintah, tapi juga swasta.

“Bagaimana juga teknologi kita, research dari Universitas Gadjah Mada. Challenge Indonesia begitu besar, pulau sebanyak 17 ribu, tapi sudah bisa buat program-program seperti branches banking maupun mobile banking,” ujarnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s