Pentingkah Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?

Bandingkan asuransi online di indonesia – Ada beragam risiko yang mungkin terjadi sehari-hari. Dari terpeleset di kamar mandi, terjatuh dari tempat duduk, tersandung benda tertentu yang membuat kesakitan, hingga hal fatal seperti kecelakaan kendaraan yang bisa mengakibatkan kematian. Untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan atau risiko semacam itu, ada beragam manfaat asuransi bagi masyarakat yang bisa digunakan.

Itulah salah satu alasan mengapa dalam merencanakan keuangan keluarga, dana untuk asuransi sebaiknya dimasukkan dalam anggaran bulanan. Hal itu yang diungkapkan oleh perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie. Dia mengatakan bahwa asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, dan asuransi kecelakaan diri ada baiknya dimasukkan dalam anggaran bulanan (www.kontan.co.id, 22 September 2010).

Sebagaimana yang disebut Prita, salah satu asuransi yang juga penting untuk dimiliki adalah asuransi kecelakaan diri. Tapi sebenarnya, seberapa besar manfaat asuransi kecelakaan diri ini?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kecelakaan diri merupakan asuransi yang menjamin tertanggung dari suatu kecelakaan dalam periode pertanggungan tertentu. Lamanya masa pertanggungan tergantung perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis. (www.ojk.go.id, 15 April 2015).

Asuransi kecelakaan diri juga mempunyai manfaat yang akan membantu pemegang polis. Asuransi kecelakaan diri melindungi diri dari risiko meninggal dunia, risiko cacat tetap, dan risiko pengobatan atau perawatan di rumah sakit. Jadi hal-hal yang berkaitan dengan risiko kecelakaan bisa dilindungi. Selain itu, asuransi kecelakaan diri tidak hanya melindungi Anda dari risiko kecelakaan kendaraan. Beberapa risiko lain juga dilindungi seperti: keracunan karena gas atau uap beracun perbuatan orang jahat, terpapar zat-zat yang mengandung hama penyakit, mati lemas atau terbenam, dan terasing di tempat sepi karena bencana.

Melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan asuransi kecelakaan diri, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi ini. Namun, sebelum membeli produk asuransi kecelakaan diri, menurut OJK ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu: mengecek surat penawaran dari perusahaan dan memahami seluk beluk produk asuransi tersebut, membaca kontrak atau polis secara saksama, menanyakan poin yang belum jelas kepada agen, dan jika perlu meminta koreksi bila terdapat kesalahan data dalam polis yang diberikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s