Trik Belanja Bulanan Saat Penghasilan Pas-pasan

Trik Belanja Bulanan Saat Penghasilan Pas-pasan

Berbagai program khusus member – Berpenghasilan, ternyata tidak selalu membuat seseorang bebas dari masalah finansial. Jika pengaturan antara pendapatan dan pengeluaranya tidak seimbang, penghasilan besar pun tidak cukup berpengaruh.

Lalu, bagaimana dengan seseorang yang penghasilanya pas-pasan? Tidak menutup kemungkinan, asalkan menggunakan uang sesuai dengan kebutuhanya, maka semua akan tercukupi.

Salah satu cara yang harus dilakukan seseorang yang penghasilanya pas-pasan, tentu adalah berhemat. Dengan menjalankan pola hidup hemat, tidak akan ada pengeluaran berlebih yang terkadang membuat uang kita selalu habis.

Menjalankan hidup hemat memang tidak bisa langsung begitu saja, Anda harus membiasakannya terlebih dulu.

Berikut ini ada beberapa Trik belanja bulanan untuk yang berpenghasilan pas-pasan, agar tetap dapat memenuhi kebutuhan:

1. Mengatur intensitas belanja

Seberapa sering Anda pergi berbelanja dalam waktu satu bulan ini? Jika penghasilan Anda memang sangat pas-pasan, sebaiknya tidak terlalu sering berbelanja. Cobalah untuk mengatur waktu belanja, agar tetap memiliki Uang sisa dari belanja, yang mungkin akan diperlukan untuk kebutuhan darurat dan yang lainya.

Sebaiknya berbelanja setiap satu minggu sekali. Usahakan setiap minggunya Anda menyisihkan sisa uang belanja tersebut dalam jumlah yang sama.

2. Jangan berbelanja di mini market saat akhir bulan

Tidak dipungkiri bahwa berbelanja di mini market terkadang menjadi solusi yang mudah, bagi kita yang malas pergi terlalu jauh hanya untuk berbelanja. Namun, umumnya, harga produk kebutuhan di mini market selalu lebih tinggi dibandingkan supermarket atau swalayan lainya.

Ini memang strategi dari adanya mini market tersebut. Saat menjelang akhir bulan, keadaan uang mungkin sudah semakin menipis, sebaiknya hindari berbelanja di mini market.

3.  Jangan berbelanja dengan kartu debit

Saat pergi ke restoran terkenal di sebuah mal, yang selalu menginformasikan promo menarik jika menggunakan kartu debit untuk bertransaksi di dalamnya. Sebaiknya jangan terlalu mudah tergiur dengan promo ini, jika memang tidak memerlukanya.

Menggunakan kartu debit lama kelamaan akan membuat tabungan terkuras. Bawalah selalu uang cash untuk transaksi yang lebih hemat.

4. Simpan struk belanja Anda

Kertas kecil yang berisi keterangan sejumlah barang dan uang yang anda bayarkan, saat melakukan transaksi, sebaiknya jangan dibuang begitu saja. kertas struk ini sebenarnya dapat membantu untuk membuat budget bulanan, atau bahkan harian anda.

Dengan adanya struk tersebut, anda juga bisa membandingkan setiap pengeluaran yang sudah terjadi.

5. Membuat daftar belanja

Buatlah daftar belanjaan setiap kali akan pergi ke supermarket, atau swalayan terdekat. Dengan memiliki daftar tersebut, kita tidak akan membeli sesuatu yang tidak ada di dalam list belanjaan, karena itu berarti Anda memulai untuk boros. Adanya daftar belanja ini juga membuat Anda lebih Disiplin dalam menggunakan Uang.

Penghasilan pas-pasan bukan berarti boleh boros

Jika seseorang yang penghasilanya tinggi saja harus menabung, tentu saja ini juga berlaku untuk Anda yang mungkin memiliki penghasilan yang pas-pasan. Selalu disiplin dalam mengatur belanjaan dan pengeluaran di setiap bulanya. Tunjukan bahwa dengan penghasilan pas-pasan Anda masih dapat mengelola keuangan dengan baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s