Apa Anime Favorit di Negaramu? Simak Petanya Berikut Ini

Pengertian Air Demineral – Orang Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat punya selera anime berbeda-beda. Kira-kira peta ini akurat atau engga ya?

Artikel ini pertama kali tayang di The Creators Project.

Seri peta infografis yang dirilis belum lama ini menunjukkan perbedaan kegemaran menonton anime produksi Jepang, dengan spesifikasi favorit tiap negara berdasarkan pencarian terbanyak di Google.

Menurut penelitian ini, fans anime di Filipina sering sekali googling semua hal terkait Mobile Suit Gundam Wing. Sedangkan fans dari Ekuador—negara dengan pencarian anime paling besar di seluruh dunia—sering mencari topik terkait Ranma di Internet. Fans di Rusia menggandrungi jago tembak luar angkasa Trigun, sedangkan fans di Jepang menggemari Ghost in the Shell dan Neon Genesis Evangelion. Yang mungkin paling mengejutkan adalah Amerika Serikat tidak terlalu menggandrungi judul-judul trendi seperti Dragon Ball Z atau Cowboy Bebop. Penonton anime di AS sampai sekarang lebih menggilai cerita samurai era Meiji, Rurouni Kenshin.

Adapun kebanyakan penggemar anime di Indonesia dalam analisis ini dianggap sering sekali mencari berbagai topik tentang Mobile Suit Gundang Wing saat membuka Internet. Sama seperti Filipina. Apa benar seperti itu ya?

Bagi yang membaca ini lewat ponsel, nih saya kasih lihat judul-judul yang diperbesar:
Bagi yang membaca ini lewat ponsel, nih saya kasih lihat judul-judul yang diperbesar:

Angka-angka ini muncul dari analisa CableTV.com, yang dilakukan dengan data Google Trends dari belasan negara, supaya bisa menyimpulkan serial dan film anime apa yang paling sering dicari di internet.

Sebelum kita menghakimi selera anime mayoritas di setiap negara, perlu diingat bahwa sebagian peneliti skeptis terhadap analisa tipe begini. Tim dari Yale School of Medicine menulis, “ilmunya amat terbatas soal potensi manfaat dan batasannya,” sehubungan dengan mempelajari permasalahan kesehatan melalui Google Trends, tapi penelitian mereka tidak mencapai kesimpulan apapun karena keterbatasan informasi mengenai metodeloginya. Ya untungnya sih enggak ada Yale School of Anime, jadi banyak orang masih mencari tahu seberapa ilmiahnya penemuan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s