Di Balik Rahasia Warna Kuning The Simpson dan Sponge Bob!

on

Simpson dan Spongebob Squarepants. wikipedia.org

Pemenang pilkada dki putaran kedua anies sandi okezone – Ketika Matt Groening menciptakan The Simpsons, dirinya mengaku ingin membuat tokoh kartun yang menonjol, sehingga dirinya memutuskan menggunakan warna-warna cerah.

“Seorang animator—seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar—datang dengan ide sangat menarik, satu keluarga berwarna kuning terang. Saat melihatnya, saya benar-benar terpukau.” ujar Groening kepada BBC.

Groening juga menambahkan, “Saya ingin meninggalkan kesan pada penonton saat dirinya mengganti saluran televisi dan melihat sekelibatan berwarna kuning, mereka sudah tahu bahwa itu The Simpsons.” Kartu ikonik Amerika tersebut bukan satu-satunya kartun yang karakter utamanya berwarna kuning. Ada Spongebob dan Tweety. Warna kuning memang identik dengan karakter kartun populer.

Warna kuning dipilih bukan tanpa sebab. Seorang pengguna YouTube, melalui saluran ChannelFrederator menjelaskan dalam unggahannya bahwa warna karakter atau tokoh kartun dibuat berdasarkan teori. Program televisi saat ini kebanyakan menggunakan warna merah-hijau-biru dibanding warna-warna standar seperti merah-kuning-biru. Berdasarkan skala RGB, warna kuning dan biru merupakan warna yang saling melengkapi satu sama lain.

Itulah sebabnya kuning dan biru begitu sering digunakan di dalam banyak acara kartun, termasuk Spongebob dan The Simpsons, dengan tujuan membuat penontonnya, terutama anak-anak, dapat mengingat acara tersebut terus-menerus. Keduanya sama-sama menggunakan warna biru sebagai warna latar belakang, seperti bagian luar rumah The Simpsons atau laut tempat tinggal Spongebob.

Kuning merupakan warna yang paling terlihat di seluruh spektrum warna. Sementara dilihat dari segi psikologis, kuning merupakan warna hangat yang mampu menyampaikan rasa optimis dan kebahagiaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s