Begini Kisah Awal Cak Budi Galang Dana dengan Kitabisa.com

Vikra Ijas, kitabisa.com. instagram

Berita terbaru seputar otomotif okezone – Credit Marketing Officer website donasi Kitabisa.com, Vikra Ijas menceritakan awal mula pemilik Cak Budi menggalang dana dengan menggunakan akun Kitabisa.com/cakbudi. Saat itu, Chief Executive Officer Kitabisa.com dan Cak Budi dipertemukan dalam sebuah talkshow di sebuah stasiun televisi nasional.

“Melihat nilai tambah yang diberikan Kitabisa.com untuk menjaga transparansi kegiatannya, Cak Budi pun membuat halaman penggalangan dana di Kitabisa.com/cakbudi,” ujar Vikra Ijas dalam keterangan resminya, Selasa, 2 Mei 2017.

Kemudian untuk mengikuti prosedur penggalangan dana, Vikar menuturkan pihaknya telah memverifikasi identitas Cak Budi. Selain itu, setiap kali Cak Budi melakukan pencairan atas dana yang terkumpul, Vikra mengatakan pihaknya juga secara rutin meminta update penyalurannya.

“Update tersebut kemudian dilaporkan secara langsung kepada para donatur melalui kolom update di laman donasi terkait yang secara otomatis terkirim ke email seluruh donatur,” kata Vikra.

Setelah dilihat pada kolom update penggunaan dana yang bisa diakses di Kitabisa.com/cakbudi, Cak Budi sudah mengirimkan pembaharuan data sejak 26 Januari 2017. Menurut Vikra, update yang ditulis dalam situs donasi itu terbatas pada donasi yang sudah dicairkan dari halaman Kitabisa.com/cakbudi.

“Cak Budi telah mencairkan senilai Rp 300 juta dari total donasi terkumpul, dan telah disalurkan sesuai pelaporan di laman tersebut. Sisa donasi yang terkumpul akan disalurkan ke lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap,” ujar Vikra.

Adapun syarat ketentuan donasi melalui Kitabisa.com, setiap kampanye akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5persen, kecuali kategori bencana alam dan Zakat.

Menurut Vikar, biaya administrasi ini digunakan untuk menutup biaya operasional serta pengembangan teknologi dan layanan websitenya. Saat ini, Kitabisa.com sendiri telah memfasilitasi lebih dari 4 ribu penggalangan dana dari individu, komunitas, hingga yayasan.

Namun, Cak Budi menuai protes dari para donatur karena dianggap tidak transparan dalam penyaluran dana donasi tersebut. Pasalnya, para donatur menilai uang yang disalurkan tidak sebanding dengan dana yang diterima dari para donatur melalui Kitabisa.com tersebut.

Cak Budi buru-buru mengklarifikasi bahwa sebagian donasi tersebut ia gunakan untuk membeli mobil Toyota Fortuner dan ponsel iPhone 7 sebagai keperluan operasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s