Manfaat Ajaib Memelihara Hewan

manfaat memelihara hewan

Cari produk untuk anjing – Hewan peliharaan pada dasarnya diciptakan untuk menemani manusia. Memelihara hewan peliharaan tentu berbeda dengan hewan ternak atau hewan liar yang jelas tidak boleh dipelihara karena dilindungi undang-undang.

Banyak alasan untuk memiliki hewan peliharaan di rumah, terutama anjing, tapi banyak juga orang yang justru jijik dengan hewan berbulu satu ini. Banyak orang yang beranggapan memelihara hewan peliharaan sungguh merepotkan dan menyita banyak waktu, namun ternyata banyak memberikan manfaat bagi manusia.

grafik memelihara hewan

Berdasarkan survey dari American Pet Products Association pada tahun 2015 – 2016 di Amerika Serikat, Ikan air tawar merupakan hewan yang paling banyak dipelihara. Sedangkan kucing berada di urutan selanjutnya, dan disusul oleh Anjing lalu Burung. Di Indonesia sendiri belum ada data yang kredibel mengenai statistik seperti yang dijelaskan tersebut.

Para ahli telah membuktikan bahwa memelihara hewan peliharaan memberikan dampak positif bagi kehidupan baik dari segi psikologis dan kesehatan. Berikut adalah manfaat dari memelihara hewan peliharaan.

1. Menghilangkan stress

Memiliki hewan peliharaan dapat melindungi pria dari risiko AIDS akibat depresi. Fakta ini diungkapkan oleh peneliti dari Universitas California, Los Angeles. Secara khusus, depresi tiga kali lebih mungkin dilaporkan oleh orang-orang dengan AIDS yang tidak memiliki hewan peliharaan, dibandingkan dengan mereka yang memiliki hewan peliharaan.

Setelah menghadapi hari yang buruk di kantor, begitu pulang ke rumah, hewan peliharaan Anda dapat membuat semua tekanan sehari-hari lenyap dalam sekejap! Termasuk kita Anda sedang menderita patah hati atau kecemasan karena kegagalan pekerjaan, memeluk dengan anjing bisa membuat Anda merasa lebih baik.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Karen Alen Ph.D. seorang peneliti dari sebuah studi yang dilakukan oleh New York University at Buffalo menyatakan bahwa hewan peliharaan sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat menghindarkan kita dari resiko lanjutan tekanan darah tinggi yaitu stroke dan penyakit jantung.

WebMD melaporkan bahwa memiliki kucing berhubungan dengan rendahnya risiko kematian setelah serangan jantung. Laporan penelitian ini dipresentasikan pada tahun 2008 pada pertemuan tahunan Asosiasi Stroke Amerika. Penelitian yang melibatkan hampir 4.500 orang itu menunjukkan bahwa memiliki kucing dapat menurunkan risiko kematian setelah serangan jantung hingga 40 persen dan menurunkan risiko meninggal akibat masalah jantung lainnya seperti gagal jantung, penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.

3. Memelihara Hewan = Meningkatkan kesehatan

Pemilik hewan peliharaan tentu tahu bahwa hewan peliharaannya harus sering diajak jalan-jalan karena sama halnya dengan manusia, hewan pun punya rasa jenuh. Dengan berjalan-jalan terutama di pagi hari, selain mendapatkan udara segar kita pun menjadi lebih bugar dan kadar kolesterol menurun. Berjalan-jalan dapat melonggarkan pembuluh darah sehingga darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

Salah satu penyakit yang dapat dihindari adalah kardiovaskuler penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini diantaranya diakibatkan oleh hipertensi atau darah tinggi dan kolesterol. Memelihara hewan dapat menurunkan tekanan darah, hal ini berarti memelihara hewan dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Hanya dengan membelai anjing, Anda akan merasa lebih baik. Ini disebabkan membelai hewan peliharaan akan merangsang sekresi hormon oksitosin dan serotonin dalam tubuh dan menurunkan tingkat stres kortisol.

4. Menjadikan Anda pribadi yang lebih baik

Mempunyai hewan peliharaan bukan hanya untuk dilihat dan dinikmati saja, tetapi kita juga punya kewajiban untuk merawat hewan tersebut. Hewan peliharaan juga makhluk hidup yang butuh makan dan minum juga. Dengan memiliki hewan peliharaan kita dapat belajar bagaimana harus bertanggung jawab atas binatang peliharaan kita.

Dengan memiliki rasa tanggung jawab atas hewan peliharaan, kita sekarang dituntut untuk rajin merawat hewan tersebut. Mulai dari memberi makan, memandikan hewan peliharaan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk beraktivitas dan tidak bermalas-malasan saja. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik jika dilakukan secara terus menerus.

Banyak hal yang didapatkan saat kita memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan, kita dapat belajar untuk berempati lebih baik lagi dan cenderung tidak kasar. Secara tidak sadar kita juga punya sifat penyayang dan tidak mudah marah.

5. Mempererat hubugan dengan keluarga

Salah satu cara mempererat hubungan kita dengan keluarga kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Usahakan binatang peliharaan tersebut adalah binatang yang disukai oleh semua anggota keluarga kita. Melakukan aktivitas secara bersama seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan, dan mengajaknya jalan-jalan bersama keluarga, dapat membuat hubungan kita dengan keluarga semakin dekat.

Hewan peliharaan tidak dipungkiri membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Tingkahnya yang lucu, menggemaskan atau kadang menyebalkan membuat rumah menjadi lebih semarak. Di antara pecinta hewan bahkan ada yang mengibaratkan hewan seperti anaknya sendiri. Saking sayangnya, mereka selalu terbayang dan rindu dengan hewan peliharaannya. Dan tentunya hal ini membuat mereka, atau kita, menjadi betah di rumah.

6. Mencegah Alergi Pada Anak

Kasus alergi pada anak biasanya disebabkan oleh bulu hewan. Dengan memelihara hewan, terutama hewan yang berbulu ketika anak berusia kurang dari enam bulan, anak sudah dibiasakan dari awal untuk bersentuhan dengan bulu binatang. Hal ini dapat menyebabkan anak terbiasa dengan bulu dan mencegah mereka dari alergi. Sebuah penelitian bahkan menunjukan bahwa anak yang hidup dengan hewan peliharaan lebih kebal terhadap alergi, demam musiman, dan eksema.

Dalam Journal Clinical & Experimental Allergy mengatakan di masa mendatang, tingkat risiko alergi anak-anak akan turun jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan selama masa bayi. Para peneliti mengatakan, efek perlindungan mungkin karena sistem kekebalan tubuh diperkuat dari alergen dan bakteri yang berhubungan dengan hewan peliharaan.

 

Masih banyak manfaat lain dari memelihara hewan peliharaan, diatas adalah beberapa manfaat yang sangat besar kontribusinya bagi kehidupan manusia. Namun kami meminta kepada semua kalangan masyarakat untuk tidak memelihara hewan yang dilindungi. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s