Mengenal Kualitas Dog Food dan Cat food untuk Pemula

kualitas dog food

Anak kucing baru lahir – Mempelajari kualitas pet food dan tipenya adalah cara terbaik untuk memilih mana yang terbaik. Karena seperti yang kita ketahui, sekarang tersedia berbagai macam dog food dan cat food dengan aneka merk di pasaran.

Bagi Anda yang peduli pada hewan peliharaan, Anda pasti akan mempertimbangkan kebutuhannya tidak terkecuali dari segi kualitas makanan.

Namun faktanya, masih banyak masyarakat penyayang binatang belum memahami kualitas dog food, cat food ataupun tipe makanan hewan yang mereka beli, masih banyak yang mengandalkan konsep “anjing / kucing saya suka makanannya dan tidak ada masalah” .

Masing-masing Trah memiliki kebutuhan yang berbeda. Dan menjadi tanggung jawab Anda untuk memenuhinya. Ada banyak dog food dan cat food dimana Anda harus memilih salah satu yang terbaik untuk hewan peliharaan Anda. Anda juga dapat menambahkan suplemen untuk melengkapi nutrisi makanan yang kurang. wagthedoguk.com

 

Tipe makanan hewan yang umum dipasaran

Ada lima tipe pet food berdasarkan bentuk fisiknya, namun di Indonesia hanya 2 jenis saja yang umum ditemui baik itu di petshop atau pasar swalayan kepercayaan Anda. Dua tipe tersebut adalah.

Wet Foods

Seperti namanya, tipe wet foods memiliki banyak kandungan air.

Dibuat dari bahan-bahan yang dimasak pada suhu yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk mensterilkan makanan dan mencegah pertumbuhan jamur pada kaleng kemasan.

Makanan jenis ini tersedia dalam bentuk kaleng dan kantong kemasan pada umumnya. Memberikan makanan ini untuk anjing dapat membantu menjaga kesehatannya.

Dry Foods

Jenis makanan hewan ini memiliki kelembaban yang rendah dan memiliki tekstur.

Berbentuk seperti biskuit kecil seperti makanan ringan manusia. Makanan ini kaya akan kandungan protein dan memenuhi kebutuhan tubuh lebih efektif.

Makanan ini sering mengandung daging sebagai bahan mereka dan dapat ditambahkan ke bahan makanan lain untuk meningkatkan kualitas nutrisi yang dikonsumsi hewan kesayangan Anda.

 

Sederhananya hanya seperti itu, namun yang harus sangat diperhatikan adalah kualitas dari makanan hewan itu sendiri. Dari mulai kualitas yang sangat tidak direkomendasikan sampai kualitas Holistic yang setara makanan alami hewan peliharaan Anda.

Beberapa produk di pasaran dengan brand yang kurang terkenal bertuliskan super premium, padahal produk makanan hewan dengan merk ternama tidak menuliskan keterangan tersebut pada kemasannya. Hati-hati banyak sekali produk yang muncul di pasaran yang hanya bagus di kemasannya, tetapi aslinya produk tersebut hanya menggunakan bahan yang berkualitas rendah.

Untuk mengetahui kualitas makanan anjing atau kucing tersebut, dapat dengan mudah dikenali dengan melihat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

 

Kualitas Dog Food dan Cat Food

Anjing atau kucing tetaplah hewan, secara natural mereka akan memakan makanan yang Anda sediakan (dengan kualitas apapun) ketika mereka lapar. Maka dari itu, kita sebagai penyayang binatang harus memastikan kualitas dog food yang dibeli. Agar Anda tidak salah beli, berikut penjelasannya.

1. Grocery Quality

Grocery pet food berarti makanan hewan dengan kualitas biasa yang banyak dijual di supermarket atau minimarket. Pet food berkualitas grocery kebanyakan memakai bahan dasar utama dari beras, sereal, jagung, dan kedelai. Untuk sumber protein diambil dari telur, tepung tulang, darah hewan, dan produk samping (by-product) dari hewan lainnya seperti usus, hati, dan jeroan lainnya. Produk pada kualitas ini biasanya masih memakai bahan pengawet kimia, MSG dan bahan perasa kimia.

NOTE : kualitas dog food ini sangat tidak disarankan untuk di konsumsi, karena bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang

Anjing itu pemakan daging, sedangkan bahan utama dari dog food seperti ini adalah grain, dimana bahan tersebut bukan dari daging, juga bahan itu banyak mengandung karbohidrat yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh anjing kita terutama pada anakan anjing yang sangat membutuhkan asupan protein untuk menunjang pertumbuhan mereka.

Biasanya, pet food yang berkualitas grocery tidak akan menulis kata “Grocery” pada kemasannya.

2. Premium Quality

Terbuat dari daging hewan seperti daging ayam, daging sapi, daging unggas (burung, bebek, dan unggas lainnya), ikan, telur dan sebagainya serta penambahan produk sampingannya (by product) seperti tulang, jeroan, darah, bulu, dan sebagainya . Untuk bahan dasar karbohidrat masih memakai jagung dan kedelai selain beras.

Makanan hewan kualitas premium kebanyakan sudah tidak menggunakan zat perasa kimia. Untuk menggantikan zat perasa kimia biasa digunakan perasa dari produk alami seperti keju kering, tepung telur dan lain sebagainya.

Kandungan vitamin dan mineral sudah mencukupi kebutuhan nutrisi seekor anjing sehingga tidak diperlukan makanan tambahan lainnya. Bahan pengawet yang digunakan biasanya memakai lemak hewan, vitamin C dan vitamin E.

Untuk di Indonesia, beberapa produsen atau importir Pet food dengan kualitas premium sudah menetapkan peraturan untuk menjual produk ini hanya di petshop atau di klinik hewan saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s