TIPS DIET UNTUK ANJING

www.royalcanin.co.id – Ada 7 tips yang dapat membantu anjing anda yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan untuk diet atau menurunkan berat badannya. Apapun sebutannya, 7 tips ini dapat anda lakukan dalam membantu anjing anda untuk mengurangi kelebihan berat badan.

1. Diskusikanlah dengan dokter hewan
Ini merupakan langkah pertama anda. Dokter hewan dapat memberitahu berat & tinggi ideal anjing anda sehingga anda dapat membuat strategi agar anjing kembali normal ukurannya. Dokter hewan juga dapat membantu anda menyadari resiko-resiko yang dapat terjadi pada anjing ketika anda memulai rutinitas baru bagi anjing anda. Selalu diskusikan dengan dokter hewan sebelum anda merubah pola latihan atau memulai program pengurang berat badan bagi anjing yang mengalami obesitas.

2. Olahraga!
Banyak anjing dengan masalah berat badan memiliki masalah yang sama dengan anjing yang memiliki masalah perilaku; mereka tidak cukup mendapatkan olahraga fisik yang dapat menstimulasi tubuh mereka. Demi kesehatan anjing anda, sangat penting untuk meningkatkan aktivitas olahraga untuknya. Mulailah dengan jangka waktu yang pendek, dan secara bertahap perpanjanglah waktu olahraga tersebut dan lebih intens. Anjing dengan kelebihan berat badan memiliki resiko overheat dan memiliki masalah pernafasan, sehingga anda harus berhati-hati. Dokter hewan dapat memberitahu anda tingkat latihan yang dapat diterima oleh anjing anda.

3. Mengubah jenis makanan ke makanan pengontrol berat badan
Makanan ini dapat membantu anjing untuk mendapatkan berat idealnya, disamping menyediakan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing. Ingatlah, bahan yang berada dideretan paling awal pada label makanan tersebut, merupakan bahan yang paling banyak digunakan dalam dog food tersebut. Carilah dog food dengan bahan daging yang bermutu menempati posisi teratas label dog food tersebut. Sebagai contoh, formula Dog Whisperer yaitu organic chicken, a lean, sumber protein yang sehat. Formula tersebut juga harus termasuk suplemen bernutrisi yang alami yang dapat mengurangi lemak yang sudah tertimbun dan dilengkapi dengan vitamin, mineral dan asam lemak. Plus, tidak ada pengawet kimia, pewarna buatan, perasa buatan atau ditambah gula!

4. Kurangi cemilan
Cemilan untuk anjing dapat menambah sejumlah kalori pada diet anjing, sama seperti makanan manusia. Jika ingin memberikan hadiah untuk anjing anda, carilah alternatif lain.

5. Kuatlah!
Banyak anjing telah menguasai teknik untuk meminta atau mengemis dengan wajah yang sedih di depan mangkuk makan mereka, tetapi sangat penting untuk mengetahui bahwa anjing tersebut sedang memanipulasi anda. Semakin anda memuji anjing dengan perilaku tersebut, maka mereka akan semakin melakukannya. Jika anda berhenti memberikannya cemilan, anjing akan berhenti mengemis. Cari tahu seberapa banyak jumlah makanan yang harus diberikan kepada anjing anda, dan konsistenlah! Tidak perduli seberapa sedihnya anjing anda. Ingatlah, ini demi kebaikannya.

6. Jangan menyalahkan sterilisasi. Itu hanyalah mitos
Anjing tidak akan menjadi gemuk hanya karena mereka disterilisasi. Sama seperti manusia, anjing akan mengalami kenaikan berat badan jika ia makan terlalu banyak dan terlalu sedikit berolahraga atau masalah kegemukkan mereka disebabkan oleh masalah genetik. Kenaikkan berat badan anjing yang dialami banyak para pemilik setelah anjing mereka disterilisasi dikarenakan mereka tetap memberi makanan dengan makanan berenergi tinggi kepada seekor anjing yang telah mengurangi kebutuhan akan energi ketika mereka tumbuh dewasa.

7. Sertakan seluruh anggota keluarga
Sama seperti mengatasi masalah perilaku, setiap orang dirumah harus melakukan bagian mereka. Jika anda memiliki anak-anak, pastikan anda menjelaskan kepada mereka seberapa pentingnya membantu anjing tersebut untuk mengurangi berat badan. Anjing akan hidup lebih lama, dan lebih bahagia karenanya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s