Usia Berapa Anak Anjing Makan Makanan Yang Lembut?

Makanan untuk anak kucing – Kenalkan anak anjing pada makanan padat dengan menggunakan makanan yang lembut seperti bubur.

Anak anjing memulai kehidupan mereka dengan minum air susu induknya, dan kemudian diikuti dengan makanan bernutrisi seimbang. Ini akan terlihat seperti sesuatu yang sulit dilakukan, terutama jika Anda belum pernah mengalami ini sebelumnya.  Selama dan setelah proses penyapihan, Anda perlu mengerti dan memahami mengapa hal ini perlu dilakukan.

Menyusu
Anak anjing yang baru lahir hanya akan minum air susu induknya. Pada tahap ini, anak anjing tidak memerlukan makanan tambahan, baik makanan lembut, maupun padat. Air susu induknya memberikan segala yang dibutuhkan oleh anak anjing untuk menjadi sehat dan kuat. Pengecualian dibuat apabila induk anjing tidak ada atau tidak dapat menyusui karena sesuatu hal. Dalam kondisi tersebut, segera hubungi dokter hewan Anda. Anda dapat membantu menyusui anak anjing dengan botol yang telah diisi oleh susu formula khusus untuk anak anjing.

Penyapihan
Induk anjing umumnya mulai mengurangi frekuensi menyusui anaknya ketika anak anjing sudah berusia 3 atau 4 minggu. Meskipun induk anjing belum berhenti menyusui, tapi dia mulai mengurangi sedikit demi sedikit, kira-kira dalam waktu sebulan. Anak anjing tidak benar-benar disapih sampai usia mereka 8 minggu. Tetapi, anak anjing mulai dapat memakan makanan yang lembut segera setelah disapih.

Makanan Lembut
Ketika anak anjing baru memulai proses penyapihan, tekstur makanan kering (kibbles) dan proses mengunyahnya merupakan hal yang baru dan mengagetkan bagi mereka. Mohon diingat bahwa mereka hanya bisa menyusu pada tahap ini. ASCPA merekomendasikan pemberian makan anak anjing dengan cara mencampurkan kibbles dengan air hangat dan dihaluskan. Boleh juga kibbles dicampur dengan susu cair khusus untuk anjing. Setelah dijadikan satu, campuran tersebut akan menjadi lembut, halus dan seperti bubur – mempermudah anak anjing untuk menelan. Begitu Anda perhatikan bahwa anak anjing sudah mampu menelan makanan lembut itu, perlahan-lahan kenalkan dengan makanan kaleng dan kibbles yang tidak dicampur dengan apapun. Anak anjing yang sudah pada tahap akhir penyapihan sudah siap untuk memakan makanan yang tidak lagi lembut.

Makanan khusus untuk anak anjing
Ketika Anda mulai memberikan makanan padat untuk anak anjing, apakah itu dalam bentuk halus maupun keras, harap ingat bahwa mereka butuh nutrisi khusus yang sangat berbeda dengan anjing dewasa. ASPCA menyatakan bahwa anak anjing butuh kira-kira dua kali lebih banyak asupan energi daripada anjing dewasa. Sangat penting bagi anak anjing untuk memakan makanan yang dibuat khusus untuk mereka, dalam bentuk makanan basah maupun kering. Makanan khusus ini memiliki level nutrisi protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin yang dibutuhkan bagi anak-anak anjing.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s