Gandeng Geely, Proton Siapkan Mobil SUV di Bawah Rp300 Juta

on

Gandeng Geely, Proton Siapkan Mobil SUV di Bawah Rp300 Juta

Statistik saham – Geely dan Proton akhirnya secara resmi bergabung. Langkah pertama yang akan dilakukan, Geely bakal memberikan Proton dana sebanyak 460,3 juta ringgit atau setara Rp1,4 triliun. Dari dana tersebut, 170,3 juta Ringgit atau setara Rp529,1 miliar merupakan dana tunai, sementara sisanya biaya untuk memasok platform SUV Boyue.

Selain itu, divisi penelitian dan pengembangan Proton juga akan disulap menjadi salah satu pusat Geely secara global yang memungkinkan untuk mengembangkan model masa depan. Proton juga berencana akan memindahkan kegiatan operasi ke Tanjung Malim.

“Geely nantinya akan membantu Proton dalam hal memperoleh teknologi terbaru. Perusahaan China juga akan memasok platform dan teknologi ke Proton, mereka tentunya memberikan keahlian manajemen terkait manufaktur untuk memastikan kesesuaian dengan standar milik Geely,” ucap Datuk Sri Syed Faisal Albar, Group Managing Director of DRB-Hicom.

Dalam perjanjian kerjasama ini, Geely mengakuisisi saham Proton sebesar 49,9 persen, di mana sisanya masih dipegang oleh DRB-Hicom.

Mobil Perdana

Seperti yang terlah disebutkan di atas, kerjasama Geely dan Proton bakal melahirkan berbagai produk roda empat. Model yang akan jadi produk perdana adalah SUV Boyue. Banyak pihak hingga kini masih penasaran dengan spesifikasi mobil tersebut, termasuk soal harga yang akan ditetapkan.

Dalam jumpa pers yang digelar Proton-Geely pekan lalu, mereka memang belum secara gamblang menyebut soal SUV Boyue. Namun Menteri MITI Datuk Seri Ong Ka Chuan dalam satu laporan kepada China Press menyatakan, SUV Boyue akan dijual dengan banderol di bawah 100.000 Ringgit Malaysia atau di bawah Rp300 jutaan. Mobil itu akan masuk ke pasaran dalam tempo dua tahun lagi.

Di China, Geely Boyue dijual dengan banderol 110.000 Yuan atau setara Rp214 jutaan. Kemungkinan harga itu akan meningkat lebih tinggi 10 sampai 20 persen saat dipasarkan di Malaysia. Bagaimanapun, keduanya masih memikirkan langkah, apakah model itu nantinya akan dibawa masuk dari China secara CBU (Completely Built Up) atau CKD (Completely Knocked Down).

Di China, Boyue ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni empat silinder dengan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s