Terduga Teroris Sumut Pinjam Rp20 Juta untuk ke Suriah

on

Terduga Teroris Sumut Pinjam Rp20 Juta untuk ke Suriah

Suriah – Polisi mengungkapkan fakta baru dari Syawaludin Pakpahan, pimpinan terduga pelaku teroris yang menyerang anggota polisi di Markas Polda Sumatera Utara, 25 Juni 2017.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto mengatakan, Syawaludin diketahui terindikasi radikalisme berawal dari jejaring media sosial sejak 2004.

“Dengan sering mengunjungi dan membaca situs-situs radikal di internet,” kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 30 Juni 2017.

Setelah membaca pemahaman radikal, Syawaludin berkeinginan kuat untuk hijrah dan jihad hingga akhirnya pada 2013 berangkat ke Suriah dengan dana yang dipinjam dari Bank Mandiri Medan sebesar Rp20 juta.

“Di Suriah, Syawaludin Pakpahan bergabung dengan milis yang menentang pemerintahan Presiden Bashar Assad selama sekira enam bulan,” katanya.

Setelah itu, Syawaludin akhirnya kembali ke Indonesia pada 2013 dan menularkan paham radikal nya kepada tiga terduga pelaku teror lainnya, Ardial Ramadhan (34), Firmansyah Putra Yudi alias Yudi (42) dan Henderi Pratama alias Boboy (20).

“Hingga kemudian melakukan aksi terorisme berupa pembunuhan terhadap anggota Polri dengan tujuan merampas senjata api,” kata Rikwanto.

Dari empat orang terduga teroris itu, satu orang bernama Ardial Ramadhan, tewas ditembak polisi akibat melakukan perlawanan saat ditangkap.

Kini, terduga pelaku teror itu disangkakan Pasal 15 Jo Pasal 6 dan atau Pasal 15 Jo Pasal Perpu No.1 2002 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang telah diubah menjadi undang-undang berdasarkan Undang Undang No.15 Tahun 2003 tentang Perubahan Perpu No.1 Tahun 2002 menjadi undang-undang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s