Wawancara Gomes de Oliviera: Saya Ingin Bawa MU Juara

on

Wawancara Gomes de Oliviera: Saya Ingin Bawa MU Juara

Klasemen – Bersama Mario Gomes de Oliviera, Madura United tampil perkasa hingga laga ke-11 Liga 1 2017. Racikan taktiknya membuat MU tampil mengejutkan. Laskar Sapeh Kerrab pun melesat ke jalur pacu juara. Ia dan skuatnya terus membuat para rival waswas.

De Oliviera bukan hanya matang sebagai pelatih, melainkan juga berkepribadian luwes. Tanpa harus kehilangan wibawa, pelatih asal Brasil ini mampu mendekatkan diri dengan semua pemain dan elemen lain di internal Madura United. Karakternya jadi penopang kekompakan Laskar Sapeh Kerrab.

Dalam urusan teknis, De Oliviera pun pintar memadukan pemain muda dan pemain senior. Baginya, tak ada anak emas. Semua pemain punya kesempatan sama. Siapa lebih siap, ia yang bakal dipilih masuk formasi starter di setiap laga. Pola itu terbukti membuahkan hasil paten.

Madura United kini bercokol di urutan 2 klasemen dengan perolehan 22 poin. Hanya berjarak 1 angka dari PSM Makassar di puncak, Fabriano Beltrame dkk pun jadi penantang gelar serius. Lalu, marquee player Peter Odemwingie memimpin klasemen top scorer dengan torehan 9 gol.

Resep apa sesungguhnya yang ada di saku De Oliviera? Bagaimana pula pandangannya terhadap keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menangguhkan regulasi terkait pemain U-23 mulai Senin, 3 Juli 2017?

De Oliviera punya jawaban lugas sekaligus elegan. Berikut petikan wawancara dengan pelatih 54 tahun ini:

PT LIB menangguhkan regulasi terkait pemain U-23 di Liga 1 2017. Bagaimana pandangan Anda?

Di awal kompetisi, saya sempat kesulitan karena para pemain U-23 yang datang masih mentah. Setelah beberapa laga, mereka baru lebih percaya diri dan bisa mengimbangi seniornya. Sekarang mereka sudah mantap. Regulasi terkait mereka ditangguhkan, saya berpikir positif saja. Ini justru membuka kesempatan bagi pemain senior yang sejak awal jarang tampil.

Apakah perubahan regulasi itu mendorong Anda melakukan perubahan skema?

Saya lihat dulu kondisi setiap pemain sebelum menetapkan formasi dan skema. Berubah atau tidak juga bergantung lawan dan situasi di lapangan. Yang pasti, kami selalu ingin tunjukkan permainan dan hasil terbaik.

Bagaimana cara Anda membuat Peter Odemwingie bisa langsung kencang dan produktif?

Tak ada resep khusus. Odemwingie langsung kencang dan produktif karena ia memang bagus. Ia berkualitas tinggi dan sudah teruji di Eropa. Dan, ia tahu semua elemen di Madura United mendukung penuh agar dirinya selalu tampil maksimal.

Adakah pemain yang Anda spesialkan di skuat Madura United?

Tidak ada. Semua pemain punya kesempatan yang sama. Saya pun memperlakukan mereka dengan sikap sama. Saya mengutamakan kekuatan tim dan saya memprioritaskan pemain yang paling siap buat tampil.

Anda yakin Madura United berpotensi menjuarai Liga 1 2017?

Dalam sepakbola tidak ada yang mustahil. Segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk Madura United tampil sebagai juara Liga 1 2017. Jarak dengan PSM Makassar di puncak klasemen begitu dekat dan itu adalah situasi obyektif yang dapat kami maksimalkan.

Adakah kesibukan lain Anda di luar melatih?

Ada. Saya kerap bersepeda dengan teman-teman bila tidak ada kegiatan melatih. Terkadang saya juga pergi fitnes. Aktivitas alternatif ini penting buat menjaga kebugaran tubuh saya.

Apa makanan khas Indonesia yang jadi favorit Anda?

Saya suka semua makanan Indonesia. Saya sering makan rawon, soto ayam, pecel, dan yang lain. Semua enak dan cocok dengan selera saya.

Madura United & Rapor 11 Laga Liga 1 2017
Main: 11
Menang: 6
Imbang: 4
Tumbang: 1
Mencetak gol: 22
Kebobolan: 9
Rerata mencetak gol: 2
Rerata kebobolan: 0.82
Poin: 22
Posisi: 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s