Kronologi Rumah Cantik Menteng: Dibuat Syuting, Dijual, Lalu Dibongkar

Rumah Cantik Menteng kini tinggal sejarah. Rumah peninggalan era kolonial Belanda itu akan disulap menjadi rumah berlantai 2 dengan 1 basement. Proses pembangunan masih berlangsung.

Tahun 2007

Paket ekspress aman – Spanduk ‘DIJUAL’ dari sebuah perusahaan jual-beli properti dipasang di depan rumah asri yang oleh masyarakat mendapat label Rumah Cantik yang terletak di hoek Jalan Cik Ditiro 62-Jalan Ki Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Rumah dengan ciri khas halaman luas dan bunga-bunga cantik ini sering digunakan untuk syuting film dan videoklip. Contohnya adalah videoklip Setia dari Jikustik dan Seperti yang Kauminta dari Chrisye.

Tahun 2008

Spanduk masih terpasang. Namun baru tahun ini pers mengendus penjualan rumah tersebut. Pemilik rumah yang bernama Sari Shudiono yang saat itu berusia 75 tahun menjual rumah tersebut karena tidak kuat membayar PBB Rp 16 juta setahun. Meski sudah mendapat keringanan, tetap saja Sari merasa berat sehingga menjual adalah solusi yang tepat.

Rumah Cantik itu berada di kawasan Menteng yang oleh Pemprov DKI Jakarta masuk cagar budaya. Cagar budaya memiliki kategori A, B, dan C.

Tahun 2011

Lama tak terdengar, tiba-tiba Rumah Cantik tidak lagi seutuh dulu. Sebagian besar bangunannya dibongkar. Ini memicu pro kontra masyarakat soal status cagar budaya Rumah Cantik dan boleh tidaknya dilakukan pembongkaran.

Saat itu beredar informasi bahwa rumah itu dibeli oleh Ibas Yudhoyono senilai Rp 27 miliar. Tapi Ibas buru-buru menyangkal. “Tidak benar bila saya membeli rumah di kawasan Jakarta Pusat tersebut. Saat ini saya masih tinggal bersama orangtua,” kata Ibas seperti dikutip staf ahlinya, Bonggas Adhi Chandra, Rabu (30/11/2011).

Status cagar budaya di Menteng ada tiga yaitu kelas A, B, dan C. Beredar kabar juga bahwa Rumah Cantik berkategori C yang artinya bisa dibongkar dan dibangun asal tidak mengubah struktur asli/bagian utama bangunan.

Gubernur Fauzi Bowo yang dikonfirmasi saat itu menyatakan bahwa status Rumah Cantik itu tidak setara dengan cagar budaya museum yang tidak boleh dibongkar dan diubah arsitekturnya.

Bertahun-tahun kemudian kabar Rumah Cantik tidak terdengar gaungnya.

Tahun 2017

Pada Juli 2017, netizen dihebohkan dengan penampilan Rumah Cantik yang kini telah tiada setelah ada postingan @danrem tersiar di Twitter. Sebagai gantinya, sebuah struktur bangunan baru sedang dibangun.

Menurut palang IMB yang dipasang di depan proyek disebutkan bahwa nama kegiatan di area itu adalah “mendirikan bangunan baru”. Bangunan baru itu berupa rumah besar dengan 1 basement dan 2 lantai.

IMB yang dipegang berkelas B yang biasanya diperuntukkan untuk cagar budaya.

Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa Rumah Cantik itu merupakan cagar budaya kategori B, artinya:

1. Bangunan dilarang dibongkar secara sengaja, dan apabila kondisi fisik bangunan buruk, roboh, terbakar atau tidak layak tegak dapat dilakukan pembongkaran untuk dibangun kembali sama seperti semula sesuai dengan aslinya.

2. Pemeliharan dan perawatan bangunan harus dilakukan tanpa mengubah pola tampak depan, atap, dan warna, serta dengan mempertahankan detail dan ornamen bangunan yang penting.

3. Dalam upaya rehabilitasi dan revitalisasi memungkinkan adanya perubahan tata ruang dalam asalkan tidak mengubah struktur utama bangunan.

4. Di dalam persil atau lahan bangunan cagar budaya dimungkinkan adanya bangunan tambahan yang menjadi satu kesatuan yang utuh dengan bangunan utama.

Siapa pemilik eks Rumah Cantik itu hingga kini masih misterius.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s