Mengenal Seluk-Beluk Peluang Bisnis Ritel Alfamart

Untung bisnis ritel – Alfamart telah dikenal sebagai salah satu waralaba yang menawarkan pilihan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dengan harga bersaing. Bagi para pebisnis, Alfamart juga menjadi pilihan terbaik sebagai tempat berinvestasi dengan keuntungan menjanjikan. Peluang bisnis ritel Alfamart sangatlah luas, terlebih lagi dengan jangkauan luas dan komunitas pelanggang basar ada di Indonesia saati ini.

Anda pun bisa memanfaatkan peluang bisnis ritel Alfamart dengan memilih tipe kerjasama yang disediakan. Ada 3 tipe kerjasama yang bisa Anda pilih, yaitu membuka gerai baru di mana Anda sebagai franchise memberikan usulan lokasi untuk membuka toko baru. Yang ke dua adalah gerai konversi di mana Anda terlebih dahulu mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong atau minimarket biasa yang selanjutnya diubah menjadi gerai Alfamart. Sedangkan opsi ke tiga adalah gerai take over di mana Anda mengambil alih kepemilikan gerai Alfamart yang sudah berjalan.

Gerai baru

Tipe gerainya sendiri juga bisa disesuaikan dengan modal serta keinginan usaha Anda. Ada pilihan gerai 36 rak dan gerai 45 rak yang tentu berbeda dari segi modal. Untuk gerai 36 rak, aka nada 3800 produk yang dijual dalam satu toko. Perkiraan area penjualan yang dibutuhkan adalah sekitar 80 m2 dengan nilai invetasi Rp 397 juta. Untuk gerai 45 rak, Anda bisa menjual hingga 4500 produk. Luas area sales yang dibutuhkan adalah 100 m2dengan nilai investasi Rp 417 juta.

Peluang bisnis ritel dengan membuka gerai Alfamart baru tentu lebih besar. Nilai investasi yang Anda tanamkan akan mencakup franchise fee Rp 45 juta untuk 5 tahun, instalasi kelistrikan, peralatan gerai dan air conditioner, sistem informasi ritel, shop sign dan sign pole, perijinan gerai, serta promosi dan persiapan pembukaan gerai.

Gerai take over

Sedangkan untuk membuka gerai take over atau paket ambil alih, Anda tinggal mengambil alih gerai yang telah beroperasi dan berlajan dengan baik. Biaya investasi yang ditanamkan sudah meliputi biaya sewa bangunan untuk 5 tahun, franchise fee Rp 45 juta, peralatan gerai, dan goodwill. Untuk membuka gerai take over, bisa dimulai dengan presentasi proposal kemudian dilanjutkan dengan kesepakatan pembelian. Setelah itu Anda harus mengurus pemindahan perijinan dan perjanjian kerja sama. Setelah itu, gerai take over siap dibuka.

Gerai Konversi

Peluang bisnis ritel di tipe gerai konversi Alfamart juga tidak kalah besar. Alfamart menawarkan kerjasama waralaba kepada pemilik toko minimarket lokal atau toko kelontong yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Ada 2 kemudahan yang diberikan Alfamart bagi franchisee di tipe gerai konversi ini, yaitu pengakuan barang dagangan milik toko minimarket lokal/ kelontong sebagai barang dagangan untuk stock pembukaan gerai waralaba Alfamart atau rak milik toko minimarket lokal/ kelontong/ dapat digunakan dan diakui sebagai pengurang biaya investasi.

Untuk membuka gerai waralaba Alfamart, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi franchisee, antara lain sebagai berikut:

  • Minat di industri minimarket
  • WNI, Badan Usaha (CV, PT, Koperasi & Yayasan )
  • Luas lokasi ± 150 s.d 250m2
  • Dana Investasi
  • Memenuhi Persyaratan Perijinan
  • Mengikuti Sistem & Prosedur Alfamart
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s