7 Macam Seni Rupa Murni dan Terapan yang Pernah Kamu Buat

on

Seni rupa sendiri terbagi menjadi beberapa bagian tergantung dari sudut pandangnya. Jika dilihat dari bentuk dan wujudnya, seni rupa terdiri dari seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Namun jika dilihat dari kegunaannya, seni rupa dibagi menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni Rupa Murni Dan Terapan

Seni rupa murni merupakan seni yang dinikmati dari unsur keindahan dan estetikanya saja tanpa memperdulikan fungsinya. Seni rupa murni menjurus ke seni bebas yang memiliki estetika tinggi. Fungsi aslinya biasanya hanyalah sebagai pajangan maupun hiasan yang dapat dinikmati kapanpun. Contohnya Seni rupa murni merupakan cabang seni rupa yang dibuat tanpa mempertimbangkan fungsinya melainkan untuk dinikmati unsur keindahannya saja.

 

Seni rupa murni cenderung lebih bebas dan biasanha memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Untuk fungsinya sendiri, seni rupa murni hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan saja, contohnya seni lukis, seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni pertunjukan, seni keramik, seni koreografi dan seni fotografi

1. Lukisan

via: pixabay.com

Lukisan adalah sebuah seni rupa yang merupakan pengembangan dari menggambar. Melukis adalah kegiatan membuat suatu gambar dua dimensi maupun tiga dimensi. Gambar dua dimensi biasanya memakai canvas sebagai medium, gambar tiga dimensi bisa menggunakan medium seperti patung. Alat yang umum digunakan adalah kanvas, kertas, pensil, cat air, cat akrilik, kuas dan lain sebagainya. Namun, di jaman modern ini, melukis bisa menggunakan sebuah pen tablet yang di design khusus untuk keperluan menggambar.

Karya seni rupa murni merupakan salah satu karya seni yang memiliki nilai jual paling tinggi karena nilai estetika yang dikandungnya, semakin tua dan semakin terkenal seniman yang membuatnya, harganya akan semakin mahal. Tidak jarang sebuah lukisan buatan seniman terkenal seperti pablo picasso terjual sangat mahal, contohnya saja Dora Maar with cat, sebuah lukisan yang dilukis pada tahun 1941 dan terjual dengan harga 95 juta dollar. Harga yang mahal tidak menyurutkan niat para kolektor untuk mengeluarkan kocek demi memiliki lukisan tersebut.

2. Patung

via: pixabay.com

Patung adalah karya seni dengan bentuk tiga dimensi yang biasanya dibuat menggunakan teknik memahat. Media patung bermacam-macam, ada kayu, logal, batu alam dan lainnya. Hasil karya seni rupa ini jamak ditemukan pada peninggalan kerajaan zaman dulu seperti candi borobudur. Hasil karya seni rupa ini cukup mudah ditemui, hampir setiap kota di indonesia memiliki patung, contohnya saja patung pancoran yang berada di kota Jakarta. Jika anda bepergian ke Bali, anda dapat menemukan patung di hampir setiap rumah yang ada, karena masyarakat Bali menganut agama hindu.

3. Relief

via: pixabay.com

Relief mirip dengan lukisan, namun bedanya kalau lukisan digambar pada medan datar 2 dimensi, kalau relief digambar pada medan datar 3 dimensi, seperti sebuah buku yang memiliki gambar yang timbul. Kalau dalam dunia seni rupa dikenal dengan istilah gambar lukisan dalam bentuk tiga dimensi (trimatra) yang dibuat diatas bidang dua dimensi (dwimatra). Sama seperti patung, Relief dapat ditemui di peninggalan-peninggalan sejarah seperti halnya candi dan lain sebagainya.

4. Mozaik

via: pixabay.com

Mozaik adalah sebuah lukisan yang dibuat dari pecahan atau potongan kecil sebuah benda, bisa berupa kertas, kain, kaca atau bahkan batu keramik. Mozaik sendiri sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno.

5. Ukiran

via: pixabay.com

Seni ukiran mirip dengan relief, namun bedanya ukiran biasa berbentuk hewan dan tumbuhan yang dipahat pada kayu atau batu. Pada zaman dahulu, seni ukir masuk ke dalam kategori seni terapan.

6. Grafis

via: pixabay.com

Seni rupa dalam bentuk grafis merupakan karya seni yang baru dikenal pada era modern seperti sekarang ini. Seni rupa grafis sebenarnya sama saja dengan lukisan, namun media yang digunakan berupa komputer dengan menggunakan beberapa aplikasi. Hasil karya seni ini bisa berupa tulisan maupun gambar.

7. Kaligrafi

via: pixabay.com

Kaligrafi mirip dengan seni lukisan maupun ukiran, hanya saja biasanya berupa tulisan Arab. Ada juga kaligrafi yang menggunakan tulisan latin yang disebut sebagai graffiti. Kaligrafi banyak ditemukan di Indonesia yang memiliki penduduk mayoritas muslim. Umumnya rumah atau mesjid memiliki kaligrafi yang ber lafadz اللهmaupun محمد.

Dapat disimpulkan bahwa seni rupa ada bermacam-macam tergantung dari sudut pandang yang digunakan. Fungsinya dapat berupa hiasan maupun sebagai sesembahan(patung). Seni rupa ada dua macam yaitu murni dan terapan. Seni rupa juga bisa berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Selain itu seni rupa sudah ada sejak zaman dahulu, terbukti dengan banyaknya peninggalan yang masih ada sampai sekarang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s