Banding Harga Jasa Pengiriman: Mana Yang Murah Dan Cepat?

on

Jasa pengiriman antar kota – Beberapa bulan ini saya sering memesan barang dari toko online mulai dari alat elektronik, fashion sampai peralatan rumah tangga. Memang sekarang tidak sedikit toko online yang menawarkan jasa pengiriman gratis tapi mayoritas masih mengandalkan jasa pengiriman biasa. Nah, berangkat dari pengalaman pribadi tersebut dan kebetulan ada waktu luang saya akan sedikit memberikan perbandingan harga jasa pengiriman, sebenarnya mana sih yang paling murah?

Simulator

Pengiriman dengan layanan REGULER  atau ekuivalen di perusahaan pengiriman lainnya. Rute yang dipakai adalah Jakarta ke Palembang. Pertanyaannya kok pakai Reguler, kok Jakarta, kok Palembang?

Layanan Reguler karena mayoritas toko online menggunakan jasa ini. Disamping harganya yang cukup terjangkau, paket Reguler juga bisa menjangkau ke hampir seluruh kota atau desa di Indonesia.

Dipakai rute Jakarta karena kebanyakan domisili toko online di Indonesia ini berpusat di sekitaran kota Jakarta. Selain itu dari Jakarta kita tidak memerlukan on transit seperti kalau kita mengirimkan dari daerah. Kenapa Palembang, karena Palembang adalah domisili saya dan rute Jakarta ke Palembang dapat terlayani dengan satu kali penerbangan saja sehingga bisa mengukur kecepatan dan efesiensi paket kiriman.

Daftar Tarif Kiriman Jakarta – Palembang (Semua Ekspedisi)

Kesimpulan

Dilihat dari skema tarif diatas secara kasat mata dapat disimpulkan bahwa tarif paket kiriman Jakarta Palembang yang termurah saat ini adalah TIKI dengan harga Rp. 18.000 dan yang paling mahal adalah Pos Indonesia seharga Rp. 21.500 belum termasuk PPN 10%. Kemudian apakah harga mempengaruhi kualitas? Jawabannya tidak selalu dan akan sangat fluktuatif. Kenapa?

Yang pertama untuk rute Jakarta Palembang, seluruh perusahaan pengiriman akan melakukan pengiriman langsung city to city dengan angkuta udara maksudnya ialah ketika barang diterima oleh kantor mereka maka hari itu juga akan dikirim (beberapa perusahaan memberlakukan batas waktu penyerahan barang) dan biasanya paket akan sampai di Palembang keesokan harinya (paket tiba di kantor cabang setempat).

Contoh Kasus

“Budi mengirmkan paket seberat 1 kg tujuan Palembang (REG) dengan jasa JNE di kantor pusat Tomang pukul 10:00 WIB. Barang akan manifest Jakarta malam hari sekitar pukul 21:00 WIB. Malam itu juga paket dikirimkan via angkutan udara ke Palembang (estimasi lama angkut 1 jam). Tengah malam paket tiba di bandara Palembang. Subuh atau pagi hari esoknya paket tiba di kantor cabang Palembang. Sortir barang dan update IWB pukul 10:00 WIB pagi dan seharusnya barang telah di antar kurir ke rumah.”

Ilustrasi diatas adalah waktu ideal proses pengiriman barang dan tentu saja tidak semua paket akan diberlakukan seperti itu. Dan sekarang timbul pertanyaan, jasa pengiriman mana yang paling cepat? Saya yakin untuk rute Jakarta Palembang semua perusahaan pengiriman yang menggunakan jasa angkutan udara akan dapat mengirimkan paket kiriman kita dalam 1 hari saja. Dan ketika paket barang tersebut sampai di kota tujuan, sebenarnya disini mulai permasalah klasik muncul. Barang-barang kiriman kita menumpak di warehouse mereka dan hanya pihak manajemen dan kurir yang mengetahui barang siapa yang menjadi prioritas untuk diantarkan. Jika kurir tersebut rajin dan profesional ketika barang tiba dan selesai disortir maka sebenarnya barang tersebut siap untuk diantar ke rumah penerima dan jika kurirnya malas tentu saja barang akan menumpuk sehingga membuat waktu pengiriman semakin lama.

Solusi

Gunakan skala prioritas untuk setiap paket kiriman kita. Jikalau paket tersebut urgent atau sangat penting ada baiknya kita sendiri yang langsung menjemput barang tersebut di kantor namun jika dirasa paket kiriman tidak terlalu urgent, menunggu di rumah sampai paket tersebut tiba tidak ada salahnya juga (asalkan estimasi waktu antar masih wajar tidak terlalu lama). Sumber : Dion Barus

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s