Kisah Wang Wei, Tukang Antar Barang yang Sukses Jadi Miliarder

on

wang wei

Jasa pengiriman antar pulau – Tak pernah terbersit di pikiran pria keturunan tiongkok ini suatu hari ia bisa menduduki posisi sebagai orang terkaya ketiga di China. Wang Wei yang kini berusia 46 tahun merupakan pemilik dari SF Express. Di bawah nahkodanya, SF Express mampu tumbuh menjadi perusahaan antar barang terbesar dan terpercaya di China yang bisa melakukan pengiriman ke lebih dari 200 negara.

Melansir CNBC, Jumat (3/3/2017), kesuksesan yang mampu direguk Wang Wei berawal saat ia masih berusia 22 tahun. Setelah menyelesaikan studi di bangku SMU, Wang Wei tidak melanjutkan pendidikannya ke universitas melainkan lebih memilih bekerja di sebuah pabrik kecil.

Di satu kesempatan, ia membantu seorang temannya mengantar barang ke kota Shenzhen, China. Dari situlah ia melihat banyak peluang bisnis dari jasa mengantar barang.

Dengan meminjam modal dari orang tuanya, Wang Wei memulai bisnis yang ia inginkan. Awalnya, Wang Wei hanya memiliki karyawan sebanyak 6 orang dan 1 mobil van untuk operasional. Ia juga melayani jasa pengantar barang dari Hong Kong ke China yang dahulu masih dilarang.

“Saat S.F Express pertama kali berjalan, bisnis kami masih termasuk ilegal dan dinamakan black delivery. Berdasarkan peraturan yang ada, kami akan didenda jika operasional kami diketahui oleh pekerja kantor pos. Sehingga kami menangani paket-paket itu dengan sembunyi-sembunyi,” tutur Wang.

Saat baru merintis, karyawan hanya enam orang, tapi mereka kerja selama 15 jam sehari, dan sebagai bos saya juga ikut mengantar barang,” lanjut Wang.

Namun berkat kegigihan dan kerja keras yang dilakukannya, SF Express mampu tumbuh sebagai perusahaan pengantar barang paling diunggulkan di China. Saat ini, perusahaan tersebut sudah mengoperasikan sekitar 36 pesawat kargo dan 15.000 armada.

Pada 2015, laba yang berhasil dihimpun perusahaan mencapai 48,1 miliar yuan. Ini merupakan yang tertinggi di antara pemain lainnya.

Di mata karyawan, Wang Wei bukan hanya merupakan seorang bos yang disegani. Memulai semua usahanya dari bawah membuat Wang Wei sangat akrab dengan lika liku tantangan kesuksesan. Hal ini membuat ia selalu murah hati untuk menolong karyawan yang terbelit masalah.

Kini, Wang Wei menjadi orang terkaya ketiga di China setelah taipan properti Wan Jianlin dan Bos Alibaba Jack Ma. Kenaikan saham induk S.F. Holdin Co sebesar 59 persen pada pekan lalu ikut mengerek kekayaan bersih Wang di Bloomberg Billionaires Index menjadi US$ 26,5 miliar.

Melesatnya kesuksesan perusahaan jasa pengiriman paket tak terlepas dari melonjaknya bisnis belanja online. Di China, sekitar 60 persen dari total pengiriman paket China merupakan hasil dari belanja online. Oleh : Vina A Muliana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s