Dongkrak Ekonomi Indonesia, IMF Beri Beberapa Solusi

Dongkrak Ekonomi Indonesia, IMF Beri Beberapa Solusi

berita ekonomi ri 2018 – International Monetary Fund (IMF) memandang bahwa Indonesia perlu meningkatkan jangkauan dan kualitas ekspor yang selama ini telah dijalankan. Pasalnya, ekspor bisa menjadi salah satu solusi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sebuah negara, termasuk Indonesia.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan, analisis IMF menunjukkan bahwa peningkatan jangkauan dan kualitas ekspor suatu negara dapat menyebabkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang lebih tinggi secara signifikan. Selain itu, hal tersebut juga bisa menciptakan stabilitas ekonomi yang lebih besar.

“Keuntungan ini bisa dicapai. Mengapa? Karena banyak negara di kawasan ini telah berhasil mengalihkan sebagian besar sumber daya mereka ke area produktivitas tinggi. Misalnya, dengan beralih dari pertanian ke produksi industri, ke manufaktur dan services,” katanya dalam acara High Level International Conference di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Kendati demikian, Lagarde juga menekankan bahwa model pertumbuhan tersebut juga harus diikuti dengan pertumbuhan yang lebih inklusif. Sebagian besar negara ASEAN pun dinilai sudah berada pada posisi yang relatif kuat, karena mereka telah menerapkan kebijakan untuk mengurangi ketimpangan pendapatan selama tiga dekade terakhir.

“Thailand misalnya, memperkenalkan cakupan kesehatan universal pada 2001. Filipina meluncurkan transfer tunai bersyarat pada 2008, dan Indonesia telah memperbaiki cara memberikan bantuan kepada kelompok berpenghasilan rendah, termasuk melalui penggunaan kartu elektronik,” tandasnya.

(akr)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s