Lewat Media, China Klaim Bersumbangsih dalam Perundingan AS-Korut

Lewat Media, China Klaim Bersumbangsih dalam Perundingan AS-Korut

Korea utara 2018  – Media pemerintah China menyatakan bahwa Beijing turut membantu mengurangi ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut). Media juga menambahkan bukti pemerintah Beijing menganggap dirinya sebagai pemain sentral dalam kesepakatan apapun.

“Perlu dipahami bahwa pelepasan sinyal ketegangan ini sebenarnya merupakan efek yang dibawa oleh proposal ‘suspensi ganda’,” kata surat kabar People’s Daily, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/3/2018).

Laporan tersebut merujuk pada proposal perdamaian yang diajukan China di mana Korut diminta untuk menghentikan uji coba rudal dan nuklirnya. Sementara di sisi lain, Korea Selatan (Korsel) dan AS menghentikan latihan militer.

Laporan tersebut juga mengutip pernyataan Presiden AS Donald Trump kepada Presiden China Xi Jinping dalam sebuah telepon pada hari Jumat lalu terkait posisi China dalam rencana pembicaraan AS-Korut.

“AS sangat berterima kasih dan menaruh perhatian tinggi pada peran penting China dalam masalah semenanjung Korea,” kata surat kabar itu di kolom “Zhong Sheng,” atau “Suara China” biasa, yang menyajikan sikap media tersebut mengenai kebijakan luar negeri.

Sementara media pemerintah China yang lain, Global Times, mencoba mengesampingkan implikasi peran China dipinggirkan dan memperkuat titik bahwa China memiliki peran penting.

“China akan mengadvokasi mekanisme keamanan internasional dan membantu mencegah Korea Utara tertipu atau diperas oleh AS setelah mulai melakukan denuklirisasi,” tulis Global Times dalam sebuah editorialnya.

“China akan menyambut baik dialog antara AS dan Korea Utara, dan dengan tegas mendukung Korea Utara untuk mengamankan kepentingannya dalam proses denuklirisasi. Melalui usaha ini, kepentingan China tidak akan disingkirkan,” sambungnya.

Kementerian Luar Negeri China sendiri pada hari Jumat mengatakan bahwa negara tersebut akan terus memainkan “peran positif” dalam mendorong sebuah resolusi politik dan untuk perdamaian serta stabilitas yang langgeng.

Namun pihak Kementerian Luar Negeri China tidak memberikan rincian lain dan menghindari menjawan pertanyaan secara langsung apakah mereka akan menjadi tuan rumah perundingan Trump-Kim Jong-un.

(ian)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s