Netanyahu Undang Trump Hadiri Pembukaan Kedutaan di Yerusalem

Netanyahu Undang Trump Hadiri Pembukaan Kedutaan di Yerusalem

Berita konflik-israel-palestina – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan ia akan berbicara kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menghadiri pembukaan kedutaan di Yerusalem. Keduanya dijadwalkan akan bertemu pada hari Senin esok.

Netanyahu mengungkapkan hal tersebut pada Sabtu malam sebelum menaiki pesawak ke AS.

“Saya pasti akan mendiskusikan dengan dia kemungkinan itu,” kata Netanyahu menanggapi pertanyaan wartawan apakah dia berencana mengundang Trump untuk menghadiri acara tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepadanya atas keputusan bersejarah ini untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan untuk memindahkan kedutaan besar Amerika ke Yerusalem pada hari kemerdekaan kita,” sambungnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (4/3/2018).

Kedutaan Besar AS rencananya akan di buka pada tanggal 14 Mei mendatang bertepatan dengan ulang tahun ke-70 berdirinya Israel.

Bagi orang-orang Palestina, tanggal tersebut merupakan ulang tahun Nakba, atau “malapetaka”, di mana ratusan ribu orang melarikan diri atau diusir dari rumah mereka dalam perang yang mengelilingi ciptaan Israel.

Trump pada 6 Desember lalu mendeklarasikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Deklarasi itu membuat marah orang-orang Palestina dan berpisah dengan konsensus internasional selama puluhan tahun bahwa status kota yang disengketakan harus dinegosiasikan antara kedua belah pihak.

Negara lain memiliki kedutaan besar mereka di Tel Aviv.

Kedubes baru pada awalnya akan berlokasi di sebuah bangunan konsuler AS di Yerusalem sementara Washington mencari lokasi permanen.

Israel menduduki Yerusalem timur Palestina pada Perang Enam Hari 1967 dan kemudian mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional. Negara Zionis ini melihat seluruh kota sebagai ibukotanya.

Sementara orang-orang Palestina melihat Yerusalem timur sebagai Ibu Kota negara masa depan mereka.

(ian)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s